Cukup Rp 8 Ribu Kamu Bisa Makan Nasi Urap di Tepian Sawah yang Sejuk

Uje Hartono - detikFood Minggu, 30 Agu 2020 11:30 WIB
Makan Nasi Urap di Tepian Sawah yang Sejuk Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara -

Menikmati seporsi nasi urap di sini, kamu bisa merasakan udara sejuk persawahan. Ditambah segelas wedang uwuh yang wangi hangat. Mantap!

Suasana tersebut bisa dirasakan di warung makan Kopi Kebul. Warung ini berlokasi di Kelurahan Kenteng Kecamatan Madukara, Banjarnegara. Tepatnya posisinya di atas Sungai Serayu. Menempati bangunan joglo beratap sirap dengan sisi-sisi terbuka membuat udara sejuk persawahan bebas mengalir.

Sesuai namanya, kebul atau berasap ini semua olahan di warung diolah menggunakan kayu bakar. Mulai dari sayur lodeh, lencak, urap, hingga sayur lompong yang merupakan sayur daun talas. Sedangkan untuk lauknya pun tradisional, seperti ikan asin, ikan goreng, dan aneka pepes.

Makan Nasi Urap di Tepian Sawah yang SejukMakan Nasi Urap di Tepian Sawah yang Sejuk Foto: Uje Hartono/detikcom

"Menunya di sini itu semua tradisional. Ada urap sayuran, lencak, sayur tempe, lompong dan aneka pepes. Sambalnya juga beragam, mulai smabel gosrek, terasi, sambal ijo. Semuanya dioleh secara tradisional," kata pemilik warung makan Kopi Kebul Gatot Jatmiko, Sabtu (29/8/2020).

Tidak hanya lauknya yang bikin ngiler, nasi yang disajikan pun beragam. Mulai dari nasi putih, nasi merah, nasi jagung dan nasi leye. Bahkan menurut Jatmiko, pilihan nasi ini menjadi salah satu daya tarik. Karena dianggap lebih sehat dari nasi putih biasa.

"Nasinya ada 4 macam. Selain nasi putih juga ada nasi merah, nasi jagung dan leye. Banyak yang kesini karena nasinya katanya lebih sehat. Karena banyak yang memang sudah menghindari nasi putih," tuturnya.

Makan Nasi Urap di Tepian Sawah yang SejukMakan Nasi Urap di Tepian Sawah yang Sejuk Foto: Uje Hartono/detikcom

Menurutnya, warung yang buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB ini melayani pembeli dari berbagai kalangan. Mulai dari karyawan kantor hingga petani yang tengah berkebun. Mengingat lokasi warung berada dikelilingi sawah dan kebun jagung.

"Selain orang kantoran, kadang petani yang sedang di sawah juga beli makan di sini. Dan sebagian besar para pembeli ini senang makan di luar biar terasa suasana desanya," ujarnya.

Menu disajikan ala buffet sehingga pengunjung bisa mengambil nasi sendiri. Sayuran rebus untuk urap ditata dengan bumbu kelapa parut yang serba segar. Sementara lauk pauk lainnya ditaruh berjajar yang bisa dipilih sesuai selera.

Satu porsi makanan nasi, aneka sayur dihargai Rp 8.000 saja. Pembeli diperbolehkan untuk mengambil sendiri sepuasnya.

Makan Nasi Urap di Tepian Sawah yang SejukMakan Nasi Urap di Tepian Sawah yang Sejuk Foto: Uje Hartono/detikcom

"Kecuali lauk baru ada tambahan lain. Tetapi kalau nasi, aneka sayur urap, sambal dan ikan asin Rp 8.000 per porsi. Itu mengambil sendiri jadi bisa sepuasnya," jelas Jatmiko.

Selain menu makan, Jatmiko mengatakan minuman wedang uwuh menjadi juga menjadi menu favorit di warung makan Kopi Kebul. Wedang uwuh ini adalah minuman hangat dengan bahan kayu manis, sereh, kapulaga dan jahe, gula batu.

"Untuk minum yang menjadi favoritnya itu wedang uwuh. Biasanya untuk relaksasi," tutupnya.



Simak Video "Pedas Manis Toge Goreng Saus Tauco Hj Omah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)