5 Minuman Tradisional Indonesia, Bikin Adem di Tengah Cuaca Panas

Angga Laraspati - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 12:24 WIB
es Foto: shutterstock
Jakarta -

Di masa new normal ini, beberapa pegawai sudah mulai kembali beraktivitas ke kantor yang tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Ditambah lagi dengan cuaca panas beberapa hari belakangan ini membuat kegiatan di luar rumah semakin menantang.

Cuaca yang panas pun mengundang beberapa orang untuk menikmati hidangan dingin yang dapat menenangkan pikiran. Beruntung, Indonesia memiliki beberapa minuman dingin yang khas dan cocok untuk melepas dahaga saat cuaca panas kali ini. Dilansir dari Indonesia Travel, berikut ini beberapa es khas Indonesia yang bisa dicoba buat melepas dahaga dan menenangkan pikiran saat cuaca sedang panas.

Sop Buah

esFoto: shutterstock

Satu mangkuk sop buah pastinya bisa menjadi pilihan yang pas. Bayangkan saja bermacam-macam potongan buah yang dicampur dengan susu menghasilkan sebuah gabungan rasa yang manis, asam, dan segar dalam satu seruput. Tak susah mencari sajian ini karena hampir setiap kota-kota besar menjual sajian ini, mulai dari di pinggiran jalan hingga ke perumahan.

Es Doger

Nah, ini dia es populer di Indonesia yang dijual di kota-kota besar di Indonesia. Campuran dari es serut, santan, sirup coco pandan, ketan fermentasi, dan juga singkong hasil fermentasi membuat siapapun yang melihatnya langsung menelan air liur.

Es Cendol

esFoto: shutterstock

Si hijau kenyal dan manis ini merupakan sajian yang juga favorit di Indonesia. Siapapun bila sudah melihat sajian khas Jawa Barat ini langsung sulit untuk menolaknya. Sajian yang menggugah selera ini terdiri dari es serut, santan, dan gula aren dengan taburan 'cendol' yang merupakan topping panjang dan kenyal yang terbuat dari pati kacang hijau dan tepung maizena. Yummy!

Es Teler

Bukan, es ini tidak akan membuat kamu benar-benar teler, namun itu adalah sebuah perumpamaan dari salah seorang pelanggan yang menyantap sajian ini yang berarti esnya terasa sangat enak. Bagaimana tidak, campuran dari alpukat, nangka, dan kelapa yang dicelupkan ke dalam campuran sirup buah dan susu kental manis ini membuat siapapun langsung tergiur. Meski tidak tradisional, namun sajian yang diciptakan oleh Hj. Samijem Darmo Putro di tahun 1957 ini sangat merepresentasikan cita rasa asli Indonesia.

Es Palu Butung

esFoto: shutterstock

Jarang mendengar sajian ini? Wajar saja karena es ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan, namun kini juga sudah bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Sajian ini terdiri dari pisang saba (sejenis pisang yang memiliki tekstur keras) dan 'kaldu' manis yang terbuat dari santan dan jus pandan. Pisang saba juga merupakan pisang yang paling banyak dijual di di negara-negara Amerika Utara dan Eropa.

Itu dia tadi 5 minuman dingin khas Indonesia yang bisa menolong kamu melepaskan dahaga saat cuaca sedang panas-panasnya. Biar makin tenang dan nyaman, kamu bisa memesan berbagai es tersebut lewat GrabFood.

Apalagi GrabFood memberikan voucher Parade Diskon dan juga Pasti Untung untuk membuat jajan kamu makin hemat. Langsung saja buka aplikasi Grab dan pilih es yang ingin disantap dan klik 'tambah promo' untuk melihat promonya di My Food Rewards.

Oh iya, promo ini hanya berlaku untuk wilayah Jakarta saja ya, dan berlangsung dari 27 Agustus sampai 2 September. Promo ini juga tidak berlaku untuk pemesanan 'Self Pick-up' ya! Ayo segera pakai promonya, karena terbatas setiap harinya!



Simak Video "Resep Minuman khas Thailand Tub Tim Grob"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)