Sambut Kemerdekaan RI, Bang Ali Buat Mi Ayam Merah Putih

Dian Utoro Aji - detikFood Sabtu, 15 Agu 2020 10:00 WIB
Mie Merah Putih Foto: dok. detikFood / Dian Utoro Aji
Jakarta -

Pedagang mi ayam di Kudus ini memiliki cara berbeda menyambut HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Pedagang mie ayam ini membuat mie merah putih.

Dia adalah Ali Miarso (42) pedagang mie ayam keliling. Pria yang tinggal di Desa Kaliputu Kecamatan Kota, Kudus ini memodifikasi membuat mie berwarna merah dan putih. Ini dilakukan dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan ke- 75 RI.

Saat ditemui di Jalan Masjid, Desa Demaan, Kecamatan Kota, Bang Ali begitu sapaan akrabnya sedang menawarkan mie buatannya, Jumat (14/8/2020). Tampak gerobak mie ayam miliknya pun bernuansa kemerdekaan dengan bendera merah putih di sisi kanan dan sisi sebelah kiri.

Mie Merah PutihMie Merah Putih Foto: dok. detikFood / Dian Utoro Aji

Baca Juga: Jadi Pilot Sejak 1997, Pria Ini Sekarang Sibuk Jualan Mie Ayam

Tidak hanya itu, Bang Ali pun tampak mengenakan pakaian yang tidak biasa. Dia nampak mengenakan pakaian pramuka lengkap.

Dengan pakaian nuansa kemerdekaan itu, Bang Ali menyajikan mie ayam buatannya. Bang Ali tampak cekatan ketika melayani pembelinya. Dia mengaku menjelang kemerdekaan ada nuansa mie ayam yang berbeda dari biasanya. Bang Ali membuat mie ayam berwarna merah putih.

"Momen menjelang hari kemerdekaan tahun ini saya membuat mie ayam merah putih atau bisa disebut dengan mie kemerdekaan. Karena ini menyambut hari kemerdekaan RI," kata Bang Ali saat ditemui di Jalan Masjid, Kudus, Jumat (14/8/2020).

Mie Merah PutihMie Merah Putih Foto: dok. detikFood / Dian Utoro Aji

Bang Ali kali ini menyajikan mie merah putih atau mie kemerdekaan. Dia memadukan mi warna merah dengan warna putih. Warna merah ini terbuat berbahan buah naga. Sedangkan warna putih, merupakan mie yang terbuat dari tepung dan telur.

"Yang merah bukan pewarna pakaian tekstil tidak ya, karena pewarna warnanya dominan dan tetap, dan juga kurang sehat, yang mie ayam biasa pada umumnya pakai telur," terang Bang Ali.

Lebih lanjut, Bang Ali menuturkan untuk membuat mie ayam merah putih seperti pada umumnya. Mie yang sudah jadi direbus dalam dandang. Mie yang memiliki warna merah dan putih itu sama sama direbus beberapa menit. Setelah itu, mie yang sudah direbus disajikan dalam sebuah mangkok dan dilengkapi dengan bumbu mie ayam.

"Untuk pembuatannya seperti biasa, karena mie warna sudah tersedia. Sehingga tinggal merebus mie merah dari buah naga dan mie warna putih cenderung kuning itu. Setelah direbus disajikan dalam sebuah mangkok dan ditambah bumbu mi ayam," paparnya.

Mie Merah PutihMie Merah Putih Foto: dok. detikFood / Dian Utoro Aji

Bukan hanya itu, saat makan mie ayam pun Bang Ali menyediakan sumpit berwarna merah putih. Hal tersebut menambah momen HUT Kemerdekaan Indonesia ke- 75 RI.

Baca Juga: Setelah Salon Rp 5 Ribu, di Yogyakarta Ada Mie Ayam Rp 5 Ribu

"Ini juga pakaian serba ala kemerdekaan. Selain itu sumpit yang digunakan makan mie ayam warnanya juga merah putih," kata Bang Ali.

Bang Ali menuturkan dalam sehari dia berjualan keliling di sejumlah kota di Kudus. Dia mengaku mulai berangkat berjualan dari pukul 11.00 WIB sampai dengan malam hari. Mie buatannya dipatok setiap satu porsi Rp 8 ribu.

"Biasanya berangkat mulai pukul 11.00 WIB, sampai malam lihat kalau sudah habis. Harga mie ayam satu mangkoknya Rp 8 ribu. Setiap hari bisa laku 80 mako," ujar Bang Ali yang sudah berjualan mie ayam sejak 20 tahun silam itu.

Mie Merah PutihMie Merah Putih Foto: dok. detikFood / Dian Utoro Aji

Salah satu pembeli mie merah putih, Raka (31) mengaku penasaran dengan mie tersebut. Apalagi, warna mi itu berbeda dari hari biasanya. Setelah mencicipi mie itu, dia mengaku rasanya enak dan ditambah ada nuansa warna - warni.

"Penasaran, rasanya enak ada warna - warna merah dan putih itu, ditambah lagi sumpit yang digunakan juga berwarna merah dan putih. Hal itu terkesan nuansa kemerdekaan banget," tuturnya.



Simak Video "Melihat Cara Membuat Mie Ayam Pelangi Kekinian di Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)