Jajanan Ndeso Ngangeni

Di Seblak Janda Bisa Pilih Pisah Ranjang Atau Talak Tiga

Siti Fatimah - detikFood Minggu, 09 Agu 2020 15:00 WIB
Seblak Tiga Janda Bandung Foto: dok. detikFood/Siti Fatimah
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Bandung -

Kulineran di Bandung rasanya kurang pas jika belum makan seblak, jajanan khas Bandung. Di warung ini bisa pilih seblak pisah ranjang atau talak tiga yang pedas nonjok.

Seblak merupakan jajanan khas Bandung yang berupa kerupuk aci direbus dengan bumbu sambal, berikut pasta, bakso, cakar ayam hingga aneka siomay. Sebenarnya seblak jajanan kampung. Bahannya kerupuk aci, cilok dan sedikit bumbu cabe. Tapi kini dibuat aneka kreasi. Paduan bahannya sangat tidak terbatas.

Seblak Tiga Janda BandungSeblak Tiga Janda Bandung Foto: dok. detikFood/Siti Fatimah

Salah satu tempat makan seblak yang unik dan enak yaitu di Seblak Janda dengan level pedas andalannya yaitu Pisah Ranjang dan Talak Tiga. Lokasinya di Jalan A.H Nasution, Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung. Buka setiap hari pada pukul 15.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Perpaduan rasa pedasnya cabe dan aroma kencur menjadi daya tarik pengunjung yang datang. Apalagi dengan 40 jenis paduan seblak. Mulai dari kerupuk kering warna warni, batagor kering, sayuran, suki-sukian, tulang, cakar ayam, dilok, bakso hingga kikil bisa jadi pilihan pengunjung.

Soal level kepedasan di Seblak Jando, Isti Nurovi (25) selaku pemiliknya mengatakana ada enam level. Dia membuat nama level pedas senada dengan nama usahanya.

Seblak Tiga Janda BandungSeblak Tiga Janda Bandung Foto: dok. detikFood/Siti Fatimah

"Ada level harmonis, pisah ranjang, talak 1, talak 2, sampai talak 3. Paling diminati ya pisah ranjang yang pedas sedang dan talak tiga," kata Isti saat ditemui detikFood, Sabtu (8/8/2020).

Dia menceritakan, awalnya berjualan seblak pada 2017 lalu dengan brand Janda alias Jajanan Sunda. "Awalnya saya masak untuk keinginan sendiri dan teman-teman. Tapi kata teman saya dari Madura katanya enak dan harus coba jualan. Akhirnya dicoba dan alhamdulillah sampai sekarang masih diminati masyarakat," ujarnya.

"Yang membedakan seblak janda dengan seblak yang lain itu di kuahnya yang masih mempertahankan cita rasa seblak yang sebenarnya," tambah Isti.

Level pedas pisah ranjang ini rasanya gurih dan pedasnya masih bisa dinikmati. Untuk pecinta super pedas, wajib coba level seblak talak tiga dengan tiga centong sambal cabe rawit merah yang bisa bikin kepala kuyup keringatan.

Seblak Tiga Janda BandungSeblak Tiga Janda Bandung Foto: dok. detikFood/Siti Fatimah

Varian favorit yang sering dijadikan campuran seblak biasanya ceker, kikil, dan tulang. Untuk tulang bisa sampai menghabiskan 25-30 kilogram per hari. Sementara untuk cabe menghabiskan 2 kilogram.

Selain menu seblak sebagai menu andalan ada juga menu lainnya. Seperti spaghetti tulang, mie tulang, bakso mangkok, suki janda, dan aneka frozen food yang tak kalah favorit.

Seblak Tiga Janda BandungSeblak Tiga Janda Bandung Foto: dok. detikFood/Siti Fatimah

Harga per porsinya pisah ranjang (Rp 16.000) disajikan dalam mangkuk penuh melimpah. Sementara talak tiga ( Rp 20.000) isiannya hampir semua jenis, disajikan dalam porsi besar dan bisa dimakan berdua. Relatif murah dan dijamin kenyang dengan porsi royalnya.

Kalau jajan seblak di sini pastikan datang lebih awal agar tidak terlalu lama menunggu antrian. Atau bisa juga pesan di mitra layanan pesan antar makanan. Untuk pengguna cashless, Seblak Janda juga bisa tanpa uang cash dengan persyaratan minimal pembelian Rp 50.000.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni