Sajian Maknyus Idul Adha

Tengkleng Rica-rica Pak Manto Kini Menggoyang Lidah Warga Surabaya

Hilda Meilisa Rinanda - detikFood Senin, 03 Agu 2020 10:30 WIB
tengkleng rica pak manto Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya -

Warga Surabaya kini bisa menikmati Tengkleng Rica-rica Pak Manto khas Solo. Olahan daging kambing legendaris itu sudah buka cabang di Surabaya.

Warung Sate Kambing dan Tengkleng Rica-rica Pak Manto khas Solo sudah kondang sedapnya. Warung yang ada di kawasan Sriwedari Solo dirintis oleh almarhum Sumanto sejak tahun 1983 selalu dipadati pengunjung. Menu inovasi tengkleng berupa tengkleng rica jadi andalan warung sate ini.

Warung Tengkleng Rica Pak Manto di Surabaya ini belum genap setahun buka. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati cita rasa dan suasana yang khas seperti makan di tempat aslinya di Solo.

Tak salah rasanya jika tengkleng rica Pak Manto masih jadi favorit. Tengkleng yang biasanya gurih rasanya dimodifikasi dengan bumbu cabe yang pedas. Inovasi almarhum Pak Sumanto ini cocok dengan selera warga Surabaya. Daging kambing yang empuk dipadu dengan bumbu tengkleng yang gurih pedas.

tengkleng rica pak mantotengkleng rica pak manto Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Tengkleng rica ini cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Rasa rempah bumbu tengkleng yang meresap hingga perpaduan manis dan pedas yang pas, menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung.

Untuk menjaga keaslian resep, tengkleng rica ini dimasak di atas tungku menggunakan api arang. Sementara bumbunya, dikirim langsung dari Solo, agar rasanya tetap sama. Selain itu, bumbu dan daging kambing yang digunakan juga selalu segar.

"Kita memakai bahan-bahan yang alami, selalu fresh untuk bumbunya. Kalau daging kambingnya, kita motongnya setiap hari. Jadi diusahakan dagingnya memang selalu baru, selalu fresh. Memang pusatnya di Solo, kalau untuk di beberapa kota di Semarang, Surabaya dan Jakarta itu kita kirim bumbunya dari Solo," kata putri Pak Manto, Vita saat dihubungi detikcom di Surabaya, Kamis (30/7/2020).

Vita menambahkan pengiriman bumbu ini dilakukan seminggu sekali. Jadi bisa dipastikan bumbunya selalu baru, karena bumbu bisa bertahan dua sampai tiga minggu. Selain itu, karyawan yang bekerja di cabang Pak Manto juga dikirim langsung dari Solo.

Tak hanya itu, Vita menyebut pihaknya memang sengaja membuat cabang di Surabaya, untuk mengakomodir keinginan pelanggan tengkleng di Solo, yang sengaja jauh-jauh datang dari Kota Pahlawan.

"Baru tahun kemarin buka, belum ada satu tahun. Bikin cabang di Surabaya, pertama karena Kota besar, kedua memang banyak customer dari Surabaya yang datang ke Solo. Ada yang ke Solo cuma buat makan terus pulang lagi," imbuh Vita.

Selain tengkleng rica, sate kambing hingga sate buntel juga senantiasa dicari pembeli. Vita mengaku seluruh menu yang disiapkannya menjadi favorit pengunjung.

"Sate buntel sama tengkleng rica yang paling diminati. Tapi sebenarnya kalau dari segi penjualan itu kayak tengkleng, sate juga tinggi. Hampir semua jadi favorit tergantung selera," tambahnya.

tengkleng rica pak mantotengkleng rica pak manto Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Untuk mencicipi kuliner legendaris ini, pengunjung bisa datang langsung ke Warung Pak Manto Surabaya yang berlokasi di Jalan Kaca Piring No 2 Surabaya. Sedangkan satu porsi tengkleng rica hingga sate kambing, bisa dinikmati dengan harga Rp 60.000.

Tengkleng rica Pak Manto tampilan berbeda dengan tengkleng biasa. Jika tengkleng biasa berkuah, maka tengkleng rica kuahnya kental merah kecokelatan dengan irisan cabe rawit. Selain itu tulang-tulang yang dicampurkan ukurannya cukup besar.

Rasa pedas manis tengkleng rica makin mantap saat dihisap bersama tulang yang dilapisi daging tebal. Tak heran jika keluarga Presiden Jokowi juga menyukai tengkleng ini. Ukuran porsi yang besar bisa dinikmati berdua atau bertiga.



Simak Video "Rahasia Resep Tengkleng Gajah dari Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)