Mengenang Mbah Lindu, Roti Sourdough ini Diisi dengan Gudeg

Riska Fitria - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 09:00 WIB
Roti sourdough isi gudeg Roti sourdough isi gudeg Foto: detikFood/Riska Fitria
Jakarta -

Mengenang mbah Lindu penjual gudeg Jogja yang wafat beberapa waktu lalu sourdough ini yang diisi dengan gudeg. Gimana ya rasanya?

Sourdough dikenal sebagai adonan roti yang melewati proses fermentasi cukup lama. Roti ini tak sengaja diciptakan oleh orang Mesir. Saat itu ada orang mesir yang lupa meninggalkan adonan roti berupa tepung gandum dan air. Adonan itu kemudian mengembang dengan sendirinya.

Adonan itu lalu dipanggang, dan tak disangka saat dimakan rasanya unik. Dari itulah awal mula terciptanya roti sourdough. Karena melewati proses fermentasi, roti sourdough memiliki rasa dan aroma asam. Teksturnya lembut dan biasanya isinya polosan atau bisa dimakan dengan tambahan butter dan minyak zaitun.

SourdoughSourdough Foto: iStock/Instagram @debrynadewi

Baca Juga :Hiii!! Wanita Ini Bikin Roti Sourdough Pakai Ragi Cairan Vaginanya

Namun, kini sourdough banyak dikreasikan dengan berbagai isian. Seperti roti sourdough buatan Dokter Debryna Dewi Lumanauw, seorang ahli sourdough di Indonesia. Kepada detikcom (21/07) Dokter Debryna menceritakan bahwa ia sering memadukan kuliner khas Indonesia ke dalam adonan roti sourdoughnya.

"Aku sering bikin sourdough. Sebenarnya aku lebih suka masak daripada bikin roti. Jadi setiap bikin roti aku suka nyolong-nyolong sekalian masak juga. Nah, aku suka banget bawa masakan Indonesia ke rotiku. Karena istilahnya sourdough itu bule banget, tapi ternyata enak dipadukan dengan makanan khas Indonesia," ungkap Dokter Debryna.

Pada kreasinya kali ini ia membuat sourdough dengan isian gudeg. Dokter Debryna menyebut bahwa kreasi sourdough tersebut dibuat terinspirasi dari Mbah Lindu, penjual gudeg legendaris di Yogyakarta yang wafat beberapa hari lalu.

Roti sourdough isi gudegRoti sourdough isi gudeg Foto: detikFood/Riska Fitria

"Waktu denger kabar Mbah Lindu, penjual gudeg legendaris di Jogja meninggal, aku langsung buat roti sourdough isi gudeg," ujar Dokter Debryna.

Gudeg tersebut disajikan dengan gaya Magelang, sehingga gudegnya basah. Berbeda dengan gudeg Yogyakarta yang cenderung kering. Tak disangka, sourdough isi gudeg ini cocok di lidah.

Rasa rotinya sangat unik, rasa asam dari roti sourdough itu berpadu dengan manis gurih gudeg. Selain ada gudeg, roti sourdough tersebut juga diisi dengan krecek. Rasanya semakin lezat dengan tambahan kuah areh yang dibuat dari santan, sereh, daun salam dan ketumbar.

Roti sourdough isi gudegRoti sourdough isi gudeg Foto: detikFood/Riska Fitria

Ternyata ada satu elemen yang membuat rasa adonan sourdough dapat berpadu dengan rasa gudeg. Itu ada pada penggunaan barley ke dalam adonan roti sourdoughnya. Barley atau biasa dikenal dengan sebutan jali-jali merupakan biji-bijian yang kaya protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

"Di dalam adonan sourdough itu aku isi pakai jali-jali atau barley. Jali-jali itu sangat mempengaruhi rasa. Aku setuju kalau sourdough dikasih gudeg aja gak akan nyambung, tapi penambahan barley itu komposisinya di tengah-tengah, jadi rasanya rotinya lebih gurih," ujar Dokter Debryna.

Proses pembuatan sourdough isi gudeg ini memakan waktu sekitar 18 hingga 19 jam. Biasanya roti sourdough polosan bisa bertahan tanpa jamuran sampai 5 hingga 7 hari. Namun, berbeda jika diisi dengan gudeg.

Roti sourdough isi gudegRoti sourdough isi gudeg Foto: detikFood/Riska Fitria

"Kalau diisi gudeg itu tergantung sih. Karena kan ada kreceknya, biasanya kreceknya itu yang cepat basi. Jadi, kalau di suhu ruangan paling bisa bertahan 2 hari," tutur Dokter Debryna.

Lebih lanjut, Dokter Debryna juga memberikan tips untuk menyimpan roti sourdough isi gudeg. Tips menyimpannya yaitu dengan memotong jadi dua bagian, kemudian dimasukkan ke dalam wadah dan disimpan di freezer. Jika ingin dimakan, cukup dengan dipanaskan di microwave.

Roti sourdough dengan isian unik ini bukan pertama kalinya dibuat oleh Dokter Debryna. Sebelumnya ia juga telah banyak membuat roti sourdough dengan berbagai isian lain, seperti jagung susu keju, tempe bacem, madu mongso, tinta cumi, hingga rendang khas Padang.

Baca Juga : Mengenal Sourdough, si Roti Asam Lembut yang Lagi Ngetren



Simak Video "Unik! Ketika Pizza Bertemu Gudeg"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)