Warna-warni Cantik Teh Telang Racikan Petani Blitar

Erliana Riady - detikFood Senin, 13 Jul 2020 15:30 WIB
teh telang Foto: rliana Riady
Blitar -

Seorang petani di Blitar selatan bikin racikan teh telang. Warnanya biru tosca dengan rasa mint segar, sangat menyegarkan tenggorokan.

Bunga Telang yang memiliki nama Latin Clitoria Ternatea ini, berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Beberapa negara seperti China dan Indhia, sering memanfaatkan bunga ini sebagai pengobatan alternatif kuno. Jurnal kesehatan menyebutkan bunga telang kaya antioksidan yang dapat menguatkan jantung, anti depresi, anti inflamasi, menstabilkan kolestrol dan menyembuhkan luka.

Membaca literatur itu, Iwan Pitono, seorang petani muda di Desa Sukorejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar kemudian mengolahnya untuk dibuat teh. Caranya, bunga telang dikeringkan dengan dijemur di bawah terik matahari sampai kelembaban bunganya hilang.

Untuk menambah citarasa minuman, Iwan menambahkan dengan daun mint kering. Namun proses pengeringan daun mint ini harus dalam suhu ruangan. Tidak boleh di bawah sinar matahari, supaya aroma dan rasa dingin mint tidak hilang.

teh telangteh telang Foto: rliana Riady

Jika kedua bahan itu telah benar-benar kering, baru bisa diseduh dengan air mendidih. Untuk satu gelas teh telang, cukup dua bunga telang kering dan tiga lembar daun mint. Air teh telang akan berwarna biru tosca, kelihatan sangat menyegarkan.

"Khasiat bunga telang ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Namun saya mencoba membuat racikan instan menyesuaikan dengan life style zaman sekarang. Dan teh telang inilah jadinya," kata Iwan kepada detikcom, Senin (13/7/2020).

Karena dipadu daun mint, maka rasa segar mint sangat cocok dikonsumsi di suhu dingin. Racikan teh telang ini bisa untuk mengatasi kembung, perut begah dan masuk angin.

Tak hanya itu, Iwan juga menambahkan air perasan jeruk nipis untuk memperkaya rasa teh racikannya. Namun jangan kaget, ketika air teh berubah dari biru menjadi berwarna keunguan karena asam dari jeruk nipis. Ini adalah reaksi kimia pertemuan dua senyawa yang menghasilkan perubahan warna. Namun tidak membuat khasiat bunga telang berkurang.

teh telangteh telang Foto: rliana Riady

Teh telang menjadi minuman suguhan khas di rumah Iwan. Ke depan, Iwan berencana membuat kemasan teh celup untuk dipasarkan. Selain itu, warna biru yang cantik dari bunga telang juga akan diolah untuk bahan pewarna makanan.

Seorang tamu dari Sidoarjo, Lina, mengaku menikmati sensasi rasa yang berbeda ketika meminumnya. Setelah minum teh telang, capeknya perjalanan jauh seakan lenyap dalam sekejap.

"Segar ya. Gak pekat seperti daun teh dan aroma serta rasanya isis. Bisa gak masuk angin kalau minum ini. Rasanya seperti rileks gitu habis minum teh telang," pungkasnya.



Simak Video "Kreasi Cantik Ayam Geprek dan Nasi Gurih Bunga Telang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)