Makna Mendalam di Balik Sajian Nasi Kuning yang Menggoda

Angga Laraspati - detikFood Sabtu, 04 Jul 2020 12:07 WIB
nasi kuning Foto: shutterstock
Jakarta -

Ketika menghadiri suatu acara spesial seperti ulang tahun ataupun perayaan lainnya pastinya tidak asing dengan nasi berwarna kuning alias nasi kuning yang disajikan lengkap dengan lauk-lauknya. Namun apakah kamu tahu makna di balik nasi kuning yang menggoda selera?

Dilansir dari situs Wonderful Indonesia, nasi kuning merupakan sajian yang metodenya yaitu memasak nasi dengan kunyit sehingga dapat menghasilkan warna kuning terang. Nah, memang nasi kuning ini kerap sekali menjadi simbol perayaan di Indonesia. Nasi kuning memiliki simbol keberuntungan, kekayaan dan juga harga diri dari warna kuningnya tersebut.

Tentunya sudah tahu bukan kalau nasi kuning ini biasanya berbentuk piramida yang biasanya disebut dengan nasi tumpeng. Ternyata tidak cuma elok dipandang, nasi kuning tumpeng tersebut juga memiliki makna mendalam.

Tumpeng ini merupakan bentuk simbolis dari rasa kegembiraan dan terima kasih, makanya banyak sekali ritual di Indonesia menghadirkan nasi tumpeng. Maknanya tidak lain untuk mengekspresikan rasa terima kasih dan wujud kegembiraan.

Nasi kuning ini ternyata juga bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia loh dan lauk yang disajikan juga berbeda-beda. Sebut saja seperti di Manado, sajian nasi kuning disajikan dengan parutan tuna yang pedas, atau di Bali yang bakal menyajikan nasi kuning dengan telur dan juga sate goreng yang dipadukan dengan saus kacang.

Bagi kamu yang mau menyantap nasi kuning untuk makan siang jangan sedih. Sebab untuk mendapatkan satu piring nasi kuning tidak perlu menghadiri sebuah acara ataupun perayaan tertentu karena kini nasi kuning sudah bisa didapatkan di berbagai tempat seperti warung makan dan juga restoran-restoran.

Biar nggak pusing buat nyari tempat jualnya, bisa juga nih mencarinya lewat aplikasi GrabFood yang bakal memberikan rekomendasi tempat menjual nasi kuning di sekitarmu. Caranya mudah, tinggal buka aplikasi Grab, lalu pilih fitur GrabFood dan tinggal ketik nasi kuning di bagian 'cari'. Nanti otomatis, berbagai pilihan merchant nasi kuning bakal muncul di layar ponselmu!

Mudah bukan? Jadi gak perlu pakai batik dulu buat menyantap nasi kuning, cukup pesan saja di GrabFood dan kamu sudah bisa mendapatkan satu piring nasi kuning perlambang keberuntungan, kekayaan dan juga kegembiraan.



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Kuning Berteman Empal Empuk dan Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)