Peringatan International Coffee Day di Bengkulu Dibatalkan

Hery Supandi - detikFood Rabu, 10 Jun 2020 11:15 WIB
Peringatan International Coffee Day di Bengkulu Batal Foto: Heri Supandi/detikcom
Bengkulu -

Hari Kopi Internasional jatuh pada tanggal 1 Oktober. Peringatannya akan digelar di Bengkulu. Tetapi karena pandemi corona acara inipun resmi dibatalkan.

Pembatalan peringatan International Coffee Day ini berdasarkan surat 510/455/Perindag/2020 yang ditandatangani Gubernur Bengkulu. Alasan utama karena pandemi virus corona di Indonesia dan dunia yang belum selesai.

Kepala Dinas Perindusterian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Lierwan mengatakan pelaksanaan Internasional Coffee Day yang rencananya akan dilaksanakan pada 1 hingga 4 Oktober 2020 di Bengkulu terpaksa dibatalkan demi kesehatan bersama mengacu pada protokol kesehatan penanganan covid-19.

"Memang sangat disayangkan pelaksanaan peringatan international coffee day terpaksa kita batalkan di tengah pandemi ini," ujar Lierwan.

es kopiHari Kopi Internasional. Foto: Thinkstock



Lierwan mengatakan rencananya pada peringatan International Coffee Day tersebut akan digelar banyak kegiatan. Seperti pameran kopi, seminar kopi dan lelang kopi, wisata kopi serta pemecahan minum kopi terbanyak. Kegiatan ini akan dilaksanakan di benteng Malabroug peninggalan Inggris.

"Rencananya kita akan mengundang 20 duta besar negara penghasil kopi ke acara tersebut, agar kopi Bengkulu bisa mendunia," ungkap Lierwan, Rabu (10/06).

Sebagai tuan rumah peringatan International Coffee Day tersebut, Lierwan mengatakan pemerintah provinsi Bengkulu mengambil langkah untuk membatalkan kegiatan Internasioanl Coffee Day tahun 2020 di Bengkulu, mengingat semakin meluasnya penyebaran Covid-19 saat ini.

"Harapan kita pada kegiatan international coffee day agar roda ekonomi Bengkulu bisa berputar, karena diprediksi akan banyak tamu dan peserta yang akan hadir," tutup Lierwan.



Simak Video "Serunya Rayakan Hari Kopi Internasional di Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)