Resep Sop Kaki Sapi Warisan Ibunda Bikin Happy Salma Sulit Move On

Yudistira Imandiar - detikFood Minggu, 10 Mei 2020 12:36 WIB
Mola TV Foto: Mola TV
Jakarta -

Masakan sop kaki sapi buatan mendiang ibunda menjadi salah satu menu makanan favorit Happy Salma. Saking rindunya terhadap hidangan tersebut, ia menyempatkan diri pulang dari Bali menuju kampung halamannya, Sukabumi, Jawa Barat.

Happy mengaku menyesal tak pernah mencatat resep sop kaki sapi dari ibunya. Maka, untuk menebus perasaan itu, ia menelusuri jejak resep warisan dari seorang kerabat ibunda, wanita paruh baya yang biasa dipanggil Ci Nyai.

Dari Ci Nyai, Happy mendapatkan pencerahan ihwal resep masakan kegemarannya itu. Ia pun meminta Ci Nyai memasakkan sop kaki sapi untuknya, sembari mencatat resep dan cara memasaknya.

Bahan utama kaki sapi dibeli Happy bersama Ci Nyai di Pasar Cibadak, Sukabumi. Sementara itu, bumbu-bumbu yang digunakan, yaitu merica, biji pala, garam, tomat, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, serta bawang daun dan seledri.

Setelah membeli kaki sapi dan menyiapkan bahan lainnya, Ci Nyai dengan gesit meracik bumbu. Langkah pertama yang dilakukan Ci Nyai, yaitu merebus kaki sapi untuk mendapatkan kaldu. Sambil menunggu kaki sapi direbus, ia menghaluskan bumbu merica, biji pala, bawang merah, dan bawang putih.

Bumbu yang telah dihaluskan bersama irisan bawang bombai kemudian dimasukkan dalam air rebusan yang telah bercampur kaldu dari kaki sapi. Menyusul, tomat, bawang daun, dan seledri ditambahkan untuk memperkaya aroma dan rasa.

Happy mencatat setiap detail dalam proses memasak sop kaki sapi dengan resep warisan ibunda, tak ingin ada satu bagian pun yang tertinggal. Sesekali ia bertanya pada Ci Nyai untuk memastikan catatannya tak keliru.

"Makanan ini yang selalu menjadi pemersatu keluarga, di saat anak-anak sudah berkumpul di rumah mama," kata Happy.

Dalam perjalanannya menelusuri resep warisan sop kaki sapi, Happy mengajak kakak iparnya, Maya untuk turut serta. Perjalanan tersebut dapat disaksikan dalam program "Masakan Rumah" di Mola TV. Dalam program tersebut, Happy menggali berbagai resep masakan rumahan nikmat yang sudah turun temurun.

Tayangan Masakan Rumah dan acara lain di Mola TV bisa disaksikan dalam paket langganan Corona Care Mola TV yang dapat diakses dengan cara berdonasi mulai dari Rp 0 hingga Rp 5 juta. Melalui program Corona Care, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)