5 Ikan yang Sehat untuk Dikonsumsi Saat Lagi di Rumah Aja

Abu Ubaidillah - detikFood Sabtu, 11 Apr 2020 13:20 WIB
Ikan sehat untuk dikonsumsi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ikan merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Terutama karena mengandung protein yang tinggi dan asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak esensial yang tak diproduksi oleh tubuh sendiri.

Menurut Healthline, American Heart Association (AHA) merekomendasikan setidaknya makan ikan 2 kali seminggu terutama yang berlemak dan kaya omega-3. Mengonsumsi ikan juga bermanfaat selama menjalani kegiatan #DiRumahAja.

Sumber yang sama menyebut, ada beberapa jenis ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Terutama karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi.

1. Salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang sehat dikonsumsi karena mengandung omega-3, vitamin, dan mineral. Selain itu, salmon juga disebut bagus untuk diet di rumah. Dengan tekstur dan rasanya yang enak, ikan salmon dapat menjadi menu masakan praktis ketika di rumah aja.

2. Kod

Ikan kod merupakan sumber fosfor, niasin, dan vitamin B12. Setiap 3 ons ikan kod yang matang mengandung 15 hingga 20 gram protein. Seperti diketahui bahwa protein berperan menjaga daya tahan tubuh. Maka dari itu, ikan kod merupakan ikan yang dapat menjadi menu masakan sehat untuk menjalani kegiatan belajar atau bekerja dari rumah.

3. Makarel

Makarel merupakan ikan yang mengandung banyak minyak dan kaya akan lemak sehat. Bentuknya mirip sarden namun ukurannya lebih besar, lebih ramping, dan lebih panjang. Ikan makarel cocok dijadikan masakan praktis di rumah meski harganya cenderung lebih mahal dibanding ikan sarden.

4. Tuna


Baik segar maupun kalengan, tuna merupakan salah satu ikan favorit banyak orang. Ketika mencari ikan tuna segar, pilihlah sepotong yang dagingnya cerah mengkilap dan baunya segar. Tuna juga merupakan sumber protein dan vitamin B yang baik untuk jaga daya tahan tubuh.

5. Sarden

Yang terakhir adalah ikan sarden yang merupakan ikan yang bergizi karena kandungan protein, omega 3, dan vitamin B12. Saat ini, ikan sarden sangat mudah ditemukan terutama yang versi ikan sarden kaleng.

Versi ikan sarden kaleng selain mudah didapat di pasar, penyajiannya juga mudah karena memasaknya tidak membutuhkan waktu lama.

Itulah beberapa ikan yang dapat dijadikan bahan masakan selama di rumah aja. Selain menjadi masakan yang praktis, ikan juga dapat menjadi masakan sehat karena kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Bagi yang ingin memasak sarden, Anda bisa pilih sarden ABC yang mengandung berbagai nutrisi sehat seperti omega 3 & 6 untuk bantu pertumbuhan kecerdasan anak. Selain itu, sarden ABC juga dapat mencegah terpapar dari virus Corona yang saat ini masih mewabah di Indonesia dengan kandungan protein dan vitamin B12 yang terkandung di dalamnya.

Yuk #MasakSehatAlaSardenABC dan jadikan stok selama #DiRumahAja untuk disajikan buat si kecil maupun keluarga yang tengah menjalani hari-hari-hari di rumah aja.

(prf/ega)