Makin Sehat #DiRumahAja, Coba 4 Makanan Bergizi Ini

Abu Ubaidillah - detikFood Jumat, 03 Apr 2020 14:28 WIB
Makanan bergizi Foto: Dok. Heinz ABC-Makin Sehat #DiRumahAja, Coba 4 Makanan Bergizi Ini
Jakarta -

Angka pasien positif virus corona di Indonesia terus meningkat. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah #DiRumahAja.

Tetap menjaga daya tahan tubuh adalah kunci melawan berbagai macam penyakit salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Apalagi kamu dan keluarga bisa masak di rumah aja. Tapi mau masak apa ya? Jangan bingung, detikFood punya banyak artikel tentang masak-memasak dan berbagai tips masakan.

Dilansir dari Healthy Kids, makanan bergizi seimbang terdiri dari 4 kelompok yang akan membantu memenuhi semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh. Saat kamu mau masak di rumah aja, berikut adalah keempat kelompok makanan tersebut:

1. Sayuran

Sayuran harus menjadi bagian besar dari asupan makanan harian, termasuk sebagai camilan. Sayuran menyediakan berbagai macam vitamin, mineral, serat serat makanan yang membantu kebugaran dan imun tubuh tetap terjaga meski sedang #DiRumahAja.

2. Buah

Buah juga merupakan kelompok makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung vitamin, mineral, serat makanan, dan berbagai nutrisi yang membantu menjaga tubuh agar tetap sehat. Banyak juga menu olahan buah yang bisa kamu sajikan saat masak di rumah aja.

3. Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik. Mengonsumsi susu secara rutin dapat membantu menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat. Susu juga merupakan salah satu makanan bergizi untuk balita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Si kecil pasti akan tumbuh sehat saat menemani kamu masak di rumah aja.

4. Ikan

Yang terakhir adalah pentingnya mengonsumsi daging ikan karena kaya akan protein dan vitamin B12. Tubuh membutuhkan protein untuk membantu memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, otot dan organ (seperti jantung) terutama dipelihara oleh protein. Ikan juga menu praktis saat kamu masak di rumah aja.

Salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi adalah sarden. Menurut Healthline, sarden kaya akan vitamin B 12 yang membantu sistem kardiovaskular dan memberi energi pada tubuh. Sarden juga kaya akan protein yang membantu menciptakan antibodi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ikan bergizi yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah sarden ABC yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein dan vitamin B12. Selain itu sarden ABC juga mengandung kalsium dan omega 3 & 6 terutama untuk membantu meningkatkan kecerdasan bagi anak Indonesia. Banyak variasi masak sarden, terutama sarden kaleng ABC. Sarden juga salah satu menu masakan praktis dan masakan sehat.

Jadi, bagi yang sedang bingung mau masak di rumah aja menu apa hari ini, dapat mencoba sarden ABC untuk dihidangkan. Masakan buat si kecil saat di rumah aja bisa mudah disajikan. Menu masakan sehat ini bisa menunjang agar si kecil tumbuh sehat dan cerdas.

Apalagi sarden salah satu masakan praktis dan masakan sehat. Urusan masak di rumah aja jadi makin mudah. #MasakSehatAlaSardenABC dapat menjadi rekomendasi resep buat menemani gerakan #DirumahAja saat ini.

(prf/ega)