Bingung #DiRumahAja? Coba Masak 5 Olahan Ayam Kecap Ini

Abu Ubaidillah - detikFood Rabu, 01 Apr 2020 19:01 WIB
Ayam kecap Foto: Dok. Heinz ABC
Jakarta -

Pada kondisi seperti sekarang, saat wabah Covid-19 sedang melanda Indonesia, masyarakat dianjurkan untuk melakukan physical distancing. Gerakan #DiRumahAja juga kini harus benar-benar diterapkan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Adanya anjuran untuk physical distancing dan gerakan #DiRumahAja saat ini membuat beberapa aktivitas menjadi dibatasi, salah satunya adalah membeli makanan. Namun jangan khawatir, justru dengan #DiRumahAja kamu bisa makan bersama keluarga dan bereksperimen masak di rumah aja dengan menu masakan rumahan.

Contohnya kamu bisa membuat beberapa menu olahan ayam kecap untuk menemani hari-harimu saat masak di rumah aja. Berikut aneka olahan ayam kecap yang bisa dicoba saat masak di rumah aja.

Ayam Kecap Manis

Olahan ayam kecap biasanya sangat disukai anak-anak karena rasanya yang gurih manis dengan bumbu yang meresap sampai ke dalam. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Kamu hanya perlu bawang merah, bawang putih, lada, jahe, garam, kecap manis, saus tiram dan daun bawang. Untuk ayamnya kamu bisa gunakan bagian dada, paha atau bisa juga ditambahkan bagian hati dan ampela sesuai selera.

Ayam Kecap Mentega

Menu olahan ayam kecap mentega rasa-rasanya menjadi menu klasik yang ada di setiap restoran. Untuk membuat olahan ayam kecap mentega, kamu perlu menyiapkan bawang putih, bawang merah, bawang bombay, merica, garam, mentega, saus Inggris, kecap asin, kecap manis, dan perasan air jeruk nipis.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih mantap, kamu harus merendam ayam dengan bumbu-bumbu 30 menit sebelum diolah. Setelah bumbu meresap sempurna, baru goreng tumisan bumbu kemudian masukkan ayam dan goreng hingga berwarna kecoklatan.

Ayam Bakar Kecap

Bumbu untuk membuat ayam bakar kecap sebenarnya hampir mirip dengan olahan ayam kecap manis. Kamu perlu bawang merah, bawang putih, kecap mentega, merica, cabai bubuk dan garam. Untuk membuatnya sempurna, kamu harus membakarnya dengan api sedang sehingga dalamnya matang dan luarnya tidak gosong.

Ayam Ungkep Sambal Kecap

Olahan ayam kecap dengan cara diungkep memang tak ada matinya. Setelah potongan ayam dimasak dengan berbagai bumbu kaya rempah, kamu bisa mulai berkreasi dengan menambahkan sambal kecap untuk cita rasa yang lebih pedas.

Sate Ayam Kecap

Sate juga menjadi olahan ayam kecap yang banyak disukai orang-orang. Sate ayam kecap akan sangat enak jika disandingkan dengan nasi hangat atau potongan ketupat. Selain menggunakan bumbu kecap pada saat dibakar, kamu juga bisa membuat sambal kecap dengan mencampurkan kecap cabai rawit dan bawang merah.

Supaya aneka olahan masak di rumah aja kamu makin enak dan menggugah selera, kamu bisa pilih kecap ABC. Kecap ABC dibuat dari perasan pertama kedelai, ekstrak maksimal rasa dan aroma untuk masakan kaya rasa. Kecap ABC punya tiga varian yaitu kecap manis, kecap asin dan kecap pedas. Sehingga, dengan kecap ABC urusan masak di rumah aja jadi makin mudah, dan masakan saat masak di rumah aja jadi lebih kaya rasa.

Karena sekarang semua sedang di rumah, para suami tentu bisa mencoba masak di rumah aja bareng istri. Kalau #SUAMISEJATIMASAKDIRUMAH, memasak di dapur jadi lebih menyenangkan. Selamat memasak dan jadilah suami sejati yang mau bantu istri masak di rumah aja mulai dari sekarang!

(prf/ega)