Melek Teknologi Bikin Pelanggan Ayam Penyet Ini Naik 50 Persen!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Feb 2020 13:30 WIB
ayam penyet jakarta Foto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati
Medan -

Melek teknologi adalah kunci mengembangkan bisnis. Usaha ayam penyet ini buktinya. Pelanggannya naik sampai 50 persen usai pakai GrabFood.

Ada banyak tempat makan ayam penyet di Medan, tapi yang terkenal enak adalah Ayam Penyet Jakarta. Gerainya ada 14 yang tersebar di seluruh Medan, salah satunya di Jalan Yos Sudarso. Usaha ayam penyet ini bermula dari warung kaki lima.

Adalah Hengki Irawan Gultom yang mendirikannya tahun 2008. Sebelumnya, sejak 2003 hingga 2008, ia berjualan ayam goreng di pinggir jalan. Menunya ayam goreng, namun tidak seperti konsep ayam penyet yang ditawarkannya sekarang.

Melek Teknologi Bikin Pelanggan Ayam Penyet Ini Naik 50 Persen!Foto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati

"Selama 5 tahun saya berjualan kaki lima, saya anggap itu belajar bisnis kuliner. Saya mencari rasa yang tepat untuk melahirkan suatu brand," kata Hengki saat ditemui detikFood (27/2). Ia juga rajin mencari tahu seperti apa kreasi sebuah menu di daerah lain. Hengki lalu mengombinasikan kelebihan tiap menu itu hingga jadi satu produk baru.

Baca Juga: Ayam Goreng Menarik Minat 5 Artis Ini Terjun ke Bisnis Kuliner

Soal kendala, ia mengaku dulu promosi adalah salah satunya. "Dulu teknologi belum seperti sekarang ini. Promosi tidak ada. Saya hanya punya prinsip, saya olah ini makanan, ketika ini dikunjungi banyak orang berarti makanan ini saya anggap berhasil. Bisa diterima masyarakat. Dari dulu itu tolok ukur saya," kata pria yang pernah bekerja di Jakarta ini.

Seiring waktu, dengan perkembangan teknologi, ia memanfaatkan peluang kerja sama dengan Grab Indonesia yaitu GrabFood di tahun 2019. Fokusnya tentu saja pemasaran makanan.

Melek Teknologi Bikin Pelanggan Ayam Penyet Ini Naik 50 Persen!Foto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati

"Karena kalau dulu kita tidak bisa menjangkau ke semua penjuru, sekarang bisa. Target saya itu gimana penduduk Medan bisa terjangkau secara keseluruhan," tambahnya. GrabFood disebut Hengki adalah salah satu sarana untuk mencapai itu.

Hengki mengatakan penjualannya semakin baik, terlebih ada kerja sama 'sharing profit' antara Ayam Penyet Jakarta dengan GrabFood. "Begitu masuk Grab, kenaikan sangat signifikan. Kenaikan pelanggan sampai 50 persen," tambahnya.

Ke depannya Hengki berencana tidak menambah gerai dulu. Ia akan fokus mengembangkan bisnisnya yang sudah ada. Ayam Penyet Jakarta menawarkan ayam penyet harga ekonomis dengan pilihan sambal cacadut sampai palak yang unik dan enak.

Baca Juga: Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit



Simak Video "Semangat Bawa Perubahan Local Heroes Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)