Serunya Jajan di Pusat Kuliner Baru di Jalan Depok Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikFood Minggu, 26 Jan 2020 11:31 WIB
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta -

Festival Kuliner kembali digelar di Kota Semarang. Kali ini ada di Jalan Depok dan akan rutin diadakan setiap hari Jumat dan Sabtu dengan puluhan penjual kuliner.

Peluncuran Festival Kuliner Jalan Depok dilakukan hari Jumat (24/1) malam kemarin oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan wakilnya Hevearita Gunaryanti Rahayu bahkan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Di hari pertama saja pengunjung yang datang sangat banyak. Berbagai kuliner makanan dan minuman diburu oleh pengunjung. Stand di sana rata-rata adalah makanan khas berbagai daerah, namun juga ada jajanan kekinian yang disajikan.

Serunya Jajan di Pusat Kuliner Baru di Jalan Depok SemarangFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom


Sejumlah kuliner khas Semarang bisa ditemui mulai dari Lumpia, Tahu Pong, Nasi Glewo, Garang Asem, Tahu Gejrot dan lainnya. Makanan modern apa streetfood juga hadir seperti Gurita Bakar, Bakso Gurita dengan Lobster, Nasi Kulit, dan sebagainya.

Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu dalam pembukaannya mengatakan ada 72 tenant kuliner dan 32 diantaranya merupakan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang. Jumlah penjual rencananya akan ditambah.

"Ini dibuka mulai pukul 16.00 sampai 01.00 setiap hari Jumat dan Sabtu," kata Hendi, Jumat (24/1/2020) malam.

Serunya Jajan di Pusat Kuliner Baru di Jalan Depok SemarangFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom



Hendi berpesan kepada para pedagang agar tetap menjaga harga yang terjangkau. Menurutnya pusat kuliner akan gagal jika terus menaikkan harga karena merasa lokasinya ramai.

"Kegagalan pusat kuliner itu begitu booming mulai mremo (menaikkan harga), misal es teh Rp 2 ribu jadi Rp 10 ribu, kalau seperti itu saya pastikan akan sepi. Mari jaga bersama, Insyaallah pendapatan pariwisata naik," katanya.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan festival kuliner merupakan salah satu pendorong UMKM kuliner makin maju. Menurutnya brand makanan dan minuman lokal tidak kalah dengan dari luar negeri.

Serunya Jajan di Pusat Kuliner Baru di Jalan Depok SemarangFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom



"Ini merupakan salah satu hal positif mendorong kuliner lokal. Kita juga sedang kampanye agar masyarakat mengkonsumsi brand lokal. Banyak makanan brand lokal tidak kalah dengan brand luar," jelas Teten.

Untuk diketahui, bagi pengunjung dari luar kota. Akses menuju Jalan Depok bisa ditempuh dari Lapangan Pancasila Simpang Lima menuju ke Utara lewat Jalan Gajah Mada. Jalan Depok ada di kiri Jalan sebelum traffic light perempatan Jalan Pemuda.

Serunya Jajan di Pusat Kuliner Baru di Jalan Depok Semarang


Simak Video "Lunasi Lapar Sambil Piknik Cantik di Picnic Over Tribeca "
[Gambas:Video 20detik]
(alg/odi)