Tren Makanan 2020

Makanan Lokal dan 'Sustainable Food' Akan Makin Populer

Riska Fitria - detikFood Kamis, 09 Jan 2020 12:30 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Tren Makanan 2020
Jakarta - Kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin meningkat. Hal tersebut membuat makanan sehat menjadi tren makanan yang banyak dicari orang di tahun ini.

Makanan sehat menjadi tren juga diakui oleh Chef Chandra Yudasswara. Menurut Chef Chandra, tren makanan sehat sudah mulai banyak dikampanyekan oleh para chef. Tak hanya makanan sehat saja, tetapi juga sustainable food.

"Nah, kalau saya lihat di 2020 ini mulai banyak campaign tentang sustainable food. Jadi, makanan yang sehat buah tubuh kita dan juga bagus untuk bumi," ujar Chef Chandra saat ditemui di Portable Kitchen & Lounge di Jakarta Timur (8/1).
Makanan Lokal dan 'Sustainable Food' Akan Makin PopulerFoto: dok. detikFood

Sustainable food merupakan sistem pengadaan pangan yang menyehatkan. Juga memberi dampak positif pada masyarakat, lingkungan dan sistem sosial di sekitarnya. Tidak melulu menghasilkan pangan yang sehat tetapi juga ramah lingkungan dan berfaedah secara ekonomis pada masyarakat.

Lebih lanjut, Chef yang juga populer sebagai host acara memasak itu juga mengatakan bahwa meningkatnya tren makanan sehat, membuat restoran atau industri lebih fokus menggunakan bahan-bahan yang plant-based atau berbahan tanaman.

Baca Juga : Selain Boba, Ini Tren Makanan yang Akan Jadi Hits di Tahun 2020

Soal jenis makanannya, menurutnya makanan Asia akan masih mendominasi sebagai tren di Indonesia. Itu karena makanan Asia masuk ke dalam comfort food bagi lidah orang Indonesia. Comfort food tersebut tentunya dibuat dari produk-produk lokal untuk meminimalisir produk impor.
Makanan Lokal dan 'Sustainable Food' Akan Makin PopulerFoto: dok. detikFood

"Kalau produk import itu kita akan mengeluarkan lebih banyak energi seperti packaging atau proses pengiriman yang memakan waktu juga. Jadi produk lokal bisa dibilang akan menjadi tren makanan juga untuk mendukung sustainable food tadi," jelasnya.

Chef Chandra yang juga memiliki banyak bisnis restoran di beberapa kota di Indonesia tahu betul tentang makanan yang masuk ke dalam comfort food dan selalu dicari banyak orang hingga sampai saat ini. Makanan tersebut adalah nasi goreng.
Makanan Lokal dan 'Sustainable Food' Akan Makin PopulerFoto: dok. detikFood

Kelezatan nasi goreng belum bisa tergoyahkan dari selera masyarakat Indonesia. Bahkan bukan hanya orang asli Indonesia saja yang menyukai nasi goreng. Tak jarang turis yang berkunjung ke Indonesia juga selalu tetarik untuk mencicip nasi goreng.

Sesuai dengan tren makanan tahun 2020 yang mengacu pada makanan sehat, nasi goreng nantinya juga akan disajikan dengan isian yang terbuat dari bahan-bahan nabati yang menyehatkan.

Baca Juga : Diprediksi 5 Makanan Sehat Ini Akan Jadi Tren di Tahun 2020

Simak Video "Makanan Sehat dan Lokal Jadi Tren 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Tren Makanan 2020