Menelusuri Perkembangan Kopi di Jakarta Sejak Tahun 1927

Angga Laraspati - detikFood Senin, 30 Des 2019 18:34 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kopi merupakan komoditi yang sudah ada sejak pertama kali dibawa oleh Belanda pada tahun 1616. Hingga saat ini kopi tetap menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hingga sekadar lifestyle.

Kopi dalam perjalanannya memiliki berbagai perubahan. Pada tahun 1927, kopi selalu identik dengan sarapan, ngobrol bersama keluarga dan juga teman-teman. Konsep ini juga yang ditawarkan oleh Kopi Tak Kie. Bertempat di Glodok, Jakarta Kopi Tak Kie sudah melegenda sejak tahun 1927.

"Sebenarnya ini tempat minum teh, dari awalnya tenda. Ini juga menjadi tempat sarapan dan tempat ngumpul-ngumpul orang juga," ujar Owner Kopi Tak Kie Generasi Ke 4, Willy dilansir dari channel YouTube resmi Grab Indonesia, Senin (30/12/2019).


Willy juga mengaku bila kopi yang sudah turun temurun hingga 4 generasi ini tidak merasa gengsi untuk melanjutkan bisnis yang diturunkan oleh orang tuanya. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya perbedaan antara keinginan pekerjaan dan juga hobi antara anak dan juga orang tua.

"Kita mau nggak mau harus mengikuti perkembangan zaman, beralihlah ke sosmed, membuat menu baru yang kekinian. Jadi anak muda tuh tahu kalo kita anak menu baru dan tidak hanya kopi tubruk dan kopi jadul," jelas Willy.

Host dalam video tersebut Ade Putri Paramadita juga menjelaskan perbedaaan rasa ketika meminum kopi jadul tersebut dengan kopi yang ada sekarang. Rasanya yang lebih light, dan rasanya cenderung tidak memiliki varian seperti kopi jaman sekarang.

"Jadi nggak ada rasa kopi yang floral atau fruity, jadi ketika kita minum kopi itu rasa yang keluar ada rasa kopi yang jadul," kata Ade.

Berbeda dari pendahulunya, Kopi Janji Jiwa dan lain lain memiliki rasa yang lebih kekinian. Kopi-kopi tersebut telah mengalami inovasi-inovasi dalam segi penyajian maupun rasanya, khususnya pada akhir-akhir ini. Rasanya yang memiliki banyak pilihan menjadi hal yang patut untuk dicoba.

Tidak hanya kopi, namun outlet-outlet tersebut juga menawarkan berbagai minuman non-kopi seperti matcha green tea, thai tea, dan lain sebagainya. Kopi-kopi 'zaman now' ini juga menjadi pilihan bagi para pecinta kopi untuk mendapatkan kopinya di sela-sela kesibukan mereka.


Bila melihat dari kedua tempat kopi tersebut, dapat dilihat perbedaan bahwa Kopi Tak Kie adalah outlet kopi yang membawa tradisi jaman dahulu yang dimana orang-orang datang untuk minum es kopi untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman dan juga sarapan. Sedangkan untuk kopi jaman sekarang ceritanya sudah berbeda, bukan lagi menjadi tempat untuk sarapan, namun lebih kepada lifestyle.

Kamu pun bisa mencoba datang ke Kopi Tak Kie untuk merasakan langsung rasa kopi jadul yang memiliki rasa yang unik dengan menggunakan aplikasi Grab Transportation, atau kamu bila kamu ingin mendapatkan rasa kopi zaman now, kamu bisa memesannya langsung dengan menggunakan GrabFood.

Simak Video "Ada Ayam Berbumbu Kopi, Seperti Apa Rasanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)