Terpopuler Sepekan

Larangan Kue Ultah Tak Bersertifikat Halal di D'cost dan Yoshinoya

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 14 Des 2019 09:30 WIB
Halaman 2 dari 4
Foto: dok. detikFood

1. Toko kue dan Restoran

Sebelum kejadian tersebut, bulan November lalu masyarakat Jakarta ramai memperbincangkan toko kue Tous Les Jours asal Korea Selatan yang salah satu cabangnya ada di Mal Pacific Place. Toko kue memasang pengumuman larangan memberi ucapan tertentu pada kue. Seperti ucapan selamat hari besar agama misal natal dan imlek. Juga untuk perayaan yang tak sesuai syariat Islam. Aturan itu ini tercetak pada selembar kertas yang dipajang di etalase kue.

Baca Juga : Viral! Tous les Jours Tak Layani Ucapan Selamat Natal, Ini Penjelasannya

Setelah kejadian tersebut, sebuah toko kue Global Cake & Bakery di Jalan Bahagia Raya, Depok menjadi viral setelah seorang netizen menuliskan pengalamannya di FB. Mereka menolak menuliskan 'Happy Birthday' pada kue ulang tahun yang dibeli di toko mereka. Yang diperbolehkan tulisan 'Happy Bornday', 'barakallah fii umrik' atau Happy milad.

Minggu ini kembali soal prinsip halal kembali mencuat dengan adanya aturan tertulis dari dua restoran populer, D'cost dan Yoshinoya. Kedua restoran ini jelas-jelas menuliskan dalam aturan tertulis penyelenggaraan pesta ultah di tempat mereka. Kue ulang tahun yang dibawa harus disertai copy atau foto sertifikasi halal. Jika tidak kue hanya bisa difoto dan tidak boleh dikonsumsi di restoran.

Baca Juga : Toko Kue di Depok Tolak Tulis Happy Birthday Bolehnya Happy Born Day

(odi/odi)