Berita Terpopuler

D'Cost Larang Kue Ultah Tanpa Sertifikat Halal hingga Seleb Minta Makanan Unik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 13 Des 2019 09:30 WIB
Halaman 2 dari 4
Foto: Istimewa

1. Aturan makan kue di D'Cost
Kabar aturan makan bernada rasis di D'Cost pertama kali beredar di grup WhatsApp. Terlihat lembar pengumuman resmi ditempel di dinding restoran dengan sejumlah poin yang perlu dipatuhi pengujung.

"Mohon Maaf Bapak/Ibu. Sehubungan dengan adanya Proses Jaminan Halal (SJH) dari MUI, maka untuk kue tart yang akan dibawa masuk ke D'Cost, hanya diperbolehkan untuk pemotretan dan tiup lilin saja," tulis aturan yang berlaku di semua cabang D'Cost ini.

Mereka juga menyertakan pengecualian dalam aturan makan tersebut. "Kecuali, apabila kue tart yang Bapak/Ibu bawa dibeli dari Toko Kue yang telah memiliki Sertifikat Halal dengan membawa Bon pembelian kue tart yang dibawa," tulis pihak D'Cost.

Aturan ini ternyata bukan tanpa alasan. Manajemen restoran menyebut Proses Jaminan Halal (SJH) dari MUI sebagai alasan utamanya. Terlebih D'Cost sudah mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI pada Agustus 2012.

Manajer dari salah satu cabang D'Cost di Jakarta Pusat sempat memberi penjelasan. "Memang benar, aturan ini sebenarnya dibuat untuk Proses Jaminan Halal. Pengunjung yang membawa kue ulang tahun akan ditanya soal asal pembelian kue. Kalau sudah terjamin halal, kami dari D'Cost akan menyiapkan fasilitas berupa piring, pisau dan sendok untuk makan kue. Tapi kalau tidak ya tidak bisa dimakan," katanya.

Baca Juga: Penjelasan D'Cost Soal Larangan Makan Kue Tanpa Sertifikat Halal di Area Resto

(adr/odi)