Sudah Ada Sejak 1945, Sate Madura Kuah Padang Ini Melegenda di Medan

Moch Prima Fauzi - detikFood Rabu, 27 Nov 2019 18:06 WIB
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta - Kota Medan memiliki beragam kuliner nikmat yang bisa dicicipi oleh para traveler. Panganan dengan aneka rasa manis, gurih, asin dan pedas bisa ditemui di kota ini.

Jika sedang di Kota Medan, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner yang sudah legendaris seperti Sate Memeng. Memeng merupakan nama dari pemilik warung ini. Adapun sate yang disajikan adalah sate Madura. Sate ini sudah ada sejak 1945 loh!

"Pemilik kuliner lekker ini adalah Memeng, kependekan dari H. Muhammad Saimin. Konon, bekennya nama Memeng berawal karena dahulu pelanggannya kebanyakan orang Tionghoa yang sulit menyebutkan namanya, Saimin, jadi memanggilnya 'Meng, Meng'. Dari sana sebutannya jadi Memeng," demikian asal-usul nama Sate Memeng dikutip dari blog Grab, Rabu (27/11/2019).


Sate Memeng berlokasi di Jalan Irian Barat Gang Buntu, Kota Medan. Awalnya Sate Memeng hanya beralas tampah atau talam dan dijual di pasar di Jalan Garut. Karena laku, dimulailah masa memakai gerobak sorong.

Banyak yang menggemari sate Pak Memeng ini sehingga tempat usaha Memeng terus beranjak naik kelas dan akhirnya pindah ke Jalan Asmar atau Jalan Irian Barat memakai ruko dan steling.

Sate Memeng diteruskan generasi keempat, oleh sang cucu yang memiliki nama Siti Aprilia. Sebanyak lima tusuk sate Madura dihargai Rp 25 ribu, belum termasuk nasi atau lontong.

Sudah Ada Sejak 1945, Sate Madura Kuah Padang Ini Melegenda di MedanFoto: Dok. Grab Indonesia

Untuk bumbu, awalnya Sate Memeng hanya menyajikan Sate Kuah Kacang dan Sate Bumbu Kecap. Lalu kemudian muncullah Sate Kuah Padang. Karena orisinalitasnya, sate ini sering mendapatkan penghargaan, salah satunya dari Penang Festival Kuliner di Malaysia.

Legitnya bumbu kuah padang ditambah tumbukkan bawang, cabai dan merica, membuat Sate Madura Kuah Padang Pak Memeng terasa nikmat di mulut.


Tak hanya sate, Pak Memeng juga menyediakan menu mie rebus. Bentuknya serupa mi kocok Bandung dengan isian tauge, kentang rebus dan topping kerupuk kanji. Menu lezat ini cocok disantap dengan minuman softdrink atau jus.

Sate Memeng buka setiap hari dari pukul 6 sore sampai 1 pagi. Selain bisa disantap di tempat, Sate Madura Kuah Padang juga bisa dipesan melalui layanan GrabFood.

Simak Video "Gurih Manis Sate Buntel Khas Solo yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)