Raos Pisan! Bumbu Tutug Oncom Khas Ciamis Kini Tersedia Bentuk Instan

Dadang Hermansyah - detikFood Sabtu, 19 Okt 2019 11:18 WIB
Foto: Dadang Hermansyah/detikcom Foto: Dadang Hermansyah/detikcom
Jakarta - Bagi para pecinta kuliner yang menyukai tutug oncom (TO) asal Tasikmalaya, kini bisa dinikmati dimana saja. Karena ada bumbu tutug oncom instan.

Salah satu tutug oncom instan diproduksi oleh Neneng Sugesti warga Gang Karanganyar, Belakang Toserba Yogya, Kelurahan Ciamis, Jawa Barat. Bumbu TO instan ini untuk memudahkan bagi penikmat makanan khas Sunda yang berada jauh di luar daerah, tapi tetap bisa menikmati TO.

Bumbu tutug oncom instan bernama 'Dapur Demplon' yang diproduksi Neneng terbuat dari oncom asli dengan bumbu alami yang dioven. Bumbu ini bisa bertahan sampai 6 bulan, sehingga bisa dibawa kemana saja dan dimakan kapan saja.

Cukup diaduk dengan nasi hangat maka nasi tutug oncom siap disantap. Tak perlu ribet, rasanya tak jauh beda dengan Tutug Oncom yang biasa dijumpai di warung-warung di Tasikmalaya dan Ciamis. Tutug Oncom ini memiliki rasa gurih dan semburat rasa pedas yang enak.


Raos Pisan! Bumbu Tutug Oncom Khas Ciamis Kini Tersedia Bentuk InstanFoto: Instagram


"Untuk harga bumbu Tutug Oncom instan ini Rp 15 ribu per toples, itu bisa untuk 8 porsi atau 8 piring. Tinggal diaduk dengan nasi hangat langsung bisa makan," ujar Neneng Sugesti saat ditemui di Gelar Produk dan Temu Bisnis UMKM Juara di Halaman Parkir Islamic Center, Ciamis, Sabtu (19/10/2019).

Bumbu tutug oncom instan yang dibuat oleh Neneng sudah sampai ke luar daerah, biasa dipesan oleh beberapa rumah makan di Bandung dan Bogor. Biasa dipasok dalam bentuk kiloan. Ia mengklaim untuk bumbu tutug oncom instan ini hanya ada satu di Ciamis.

Raos Pisan! Bumbu Tutug Oncom Khas Ciamis Kini Tersedia Bentuk InstanFoto: Dadang Hermansyah/detikcom


"Kalau setahu saya di Ciamis baru hanya ini bumbu tutug oncom instan. Alhamdulillah peminatnya sudah lumayan banyak. Inspirasinya karena untuk memudahkan bagi warga di luar daerah tapi ingin merasakan tutug oncom," ucap Neneng.



Simak Video "Mantap Pisan! Ngaliwet Nyalira dan Sangu Tutug Oncom untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)