Empuk Gurih Bubuy Sampeu di Imah Abah yang Nyaman

Syahdan Alamsyah - detikFood Selasa, 24 Sep 2019 11:30 WIB
Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom
Sukabumi - Jenuh dengan suasana kota? Mampirlah ke Imah Abah yang nyaman ini. Ada singkong bakar yang hangat dan teh tubruk menanti kamu di sini.

Imah Abah merupakan spot kuliner di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Ditata dengan suasana pedesaan yang nyaman dan tenang. Ditata dengan gaya rumah Sunda masa lalu. Selain itu juga ada makanan tradisional pedesaan.

Imah Abah juga memakai dapur gaya desa, berupa tungku dengan kayu bakar. Di sini dikenal dengan sajian Bubuy Sampeu. Singkong yang dibakar menggunakan abu kayu bakar sehingga wangi smoky yang sangat sedap. Suka kopi?
Empuk Gurih Bubuy Sampeu di Imah Abah yang NyamanFoto: Syahdan Alamsyah/detikcom

Baca juga : Maknyus! Ini Sate Kambing H. Mamat yang Dicicipi Jokowi Saat ke Sukabumi

Untuk menikmati singkong bakar ada beragam kopi pilihan yang disangrai langsung, diseduh dan bisa langsung diseruput hangat-hangat.

"Konsep Imah Abah adalah untuk melestarikan budaya Sunda melalui penganan atau makanan Sunda yang kian hari terkikis oleh makanan modern. Selain itu konsep ImahAbah memberikan nuansa imah atau rumah zaman Sunda dulu dengan bale yang terbuat dari palupuh atau bambu dan cara memasaknya pun menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu," kata Rizki Gustana, pengelola kuliner Imah Abah kepada detikcom, Senin (23/9/2019).

Tempat kuliner ini digandrungi oleh penikmat makanan tradisional. Wangi asap pembakaran tungku kerap diibaratkan seperti mesin waktu yang membawa para pengunjung ke nuansa perkampungan yang masih menggunakan tungku perapian sebagai tempat memasak.

Selain diminati pekerja kantoran, Imah Abah juga dijadikan tempat persinggahan backpacker hingga traveler yang berkunjung ke sejumlah lokasi wisata di Sukabumi.

"Nasi liwet, lubang atau sidat bakar dan goreng, ayam kampung, pepes nila atau ikan mas untuk minuman kita ada Bandrek, Bajigur, Kopi Sangrai yang di sajikan dengan Bubuy Sampe atau singkong bakar dan rebus. Kebetulan kami di sini mengelola jasa travel juga Sukabumi Getlost, selain spot wisata dan spot kuliner ini juga diminati traveler," bebernya.
Empuk Gurih Bubuy Sampeu di Imah Abah yang NyamanFoto: Syahdan Alamsyah/detikcom

Rasa singkong bakar di tempat ini sangat manis karena memakai singkong mentega yang baru dicabut. Saat singkong di belah asap pembakaran bercampur dengan wangi singkong yang khas dengan warna kuning. Memancing untuk segera segera mencicipi Bubuy Sampeu khas Imah Abah.

Tempat nongkrong yang sangat epik ini, terletak di Jalan Cimandiri No 1, Kampung Kota Paris, Kota Sukabumi. Pengelola bahkan mempermudah pengunjung dengan memasang petunjuk di aplikasi Google Maps.
Empuk Gurih Bubuy Sampeu di Imah Abah yang NyamanFoto: Syahdan Alamsyah/detikcom

Penasaran? Ma diantos kadongkapan na (Ditunggu kedatangannya) welcome drink gratis air teh Golpara sudah menunggu pengunjung yang singgah.

Baca juga : Siapa Mau Sarapan Bubur Ayam Sukabumi yang Hangat Gurih Ini?



Simak Video "Segarnya Sop Buah Conto dari Olahan Cincau Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)