Keunikan Kuliner Lampung hingga Aceh Dihadirkan di 'Pesona Bumi Andalas'

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 23 Agu 2019 12:23 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Untuk ke sembilan kalinya Festival Kuliner Serpong digelar. Kali ini pesona beragam kuliner dari Bumi Andalas dihadirkan dengan rasa aslinya.

Agenda tahunan Festival Kuliner Serpong (FKS) secara rutin dilakukan sejak tahun 2011. Setiap tahun keragaman kuliner ditampilkan bergiliran dari 34 provinsi di Indonesia. Tahun ini kelezatan kuliner dari pulau Sumatra ditampilkan dengan tema 'Pesona Bumi Andalas'.

Selama sebulan penuh, mulai tanggal 8 Agustus - 8 September, festival kuliner ini digelar di Parkir Selatan SMS (Summarecon Mal Serpong). Area ditata dengan rumah adat dan oranamen dari Sumatra. Termasuk panggung hingga replika jam gadang Bukittinggi dihadirkan sebagai sentuhan etniknya.


Keunikan Kuliner Lampung hingga Aceh  Dihadirkan di 'Pesona Bumi Andalas'Foto: detikfood

'Kami berharap FKS tidak hanya hadir untuk memuaskan kerinduan akan makanan tradisional Indonesia, namun juga menambah wawasan dan kepedulian untuk turut melestarikan kebudayaan Nusantara, tidak hanya melalui kekayaan kuliner namun juga dengan memperkenalkan ragam budaya seni tradisional daerah," jelas Willy Effendy, Center Director SMS pada acara pembukaan FKS (8/8).

Kuliner Sumatra yang unik dengan sentuhan rempah kuat dari Aceh, Medan, Padang, Palembang hingga Lampung memeriahkan festival ini. Sebanyak lhampir 100 tenant dengan makanan khas masing-masing menawarkan citarasa autentik.

Dari Sumatra Barat ada Sate Padang Pariaman, Soto Medan, Bihun Kari Medan hingga Nasi Kapau Bukittinggi. Dari Aceh ada Ayam Tangkap Atjeh dan Kedai Mie Aceh Ulekareng. Dari Palembang ada Pempek Beringin, Mie Celor Pondok Wong Palembang, Pindang Patin hingga Es Kacang Merah. Aneka keripik pisang YenYen dari Lampung juga tersedia.

Keunikan Kuliner Lampung hingga Aceh  Dihadirkan di 'Pesona Bumi Andalas'Foto: detikfood


Tak ketinggalan jajanan populer dari berbagai daerah juga ikut hadir. Mulai dari Nasi Cumi Hitam Pak Kris, Es sinar Gatut, kerak telur, asinan Betawi hingga soto mie Bogor. Pondok oleh-oleh Christine Hakim dari Padang juga menyediakan beragam camilan khas Minang.

Sambail bersantap pengunjung akan dihibur oleh penampilan khas Sumatra dari alunan musik khas Melayu oleh Harmoni Deli,musik khas Minang oleh Alkawi Musik, musik tradisional oleh Senandung Orquesta, dan lantunan musik khas batak oleh Trio Batak RNB.

Keunikan Kuliner Lampung hingga Aceh  Dihadirkan di 'Pesona Bumi Andalas'Foto: detikfood


Jika akhir pekan ini Anda ingin bersantai dan makan menu tradisional yang enak, Anda bisa mampir ke Festival Kuliner Serpong. Di akhir pekan FKS mulai buka pukul 11.00 dan semua transaksi dilakukan dengan kartu yang bisa diisi uang tunak di loket-loket yang ada di lokasi.



Simak Video "Maknyus! Warung Tenda Ini Sajikan Kuliner Khas Jepang Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)