Daun Kelor dan Krokot yang Kaya Khasiat Enak Dibuat Sup dan Salad

Riska Fitria - detikFood Senin, 05 Agu 2019 14:30 WIB
Foto: dok.detikFood Foto: dok.detikFood
Jakarta - Indonesia kaya beragam tanaman pangan yang hampir terlupakan. Seperti daun kenikir dan krokot. Padahal mereka kaya akan nutrisi sehat.

Melalui acara makan malam yang diadakan oleh Javara Culture dan The Climate Reality Project Indonesia (3/8/19), Chef Petty Elliott menyajikan hidangan dari beragam tanaman lokal liar yang terlihat sepele tetapi kaya khasiat sehat.

Bahan-bahan yang digunakan merupakan tanaman dari hutan-hutan di daerah Indonesia atau bisa disebut sebagai tanaman liar. Seperti daun kelor, daun kenikir, tanaman paku, krokot dan masih banyak lagi.
Daun Kelor dan Krokot yang Kaya Khasiat Enak Dibuat Sup dan SaladFoto: dok.detikFood

Selain itu bumbu-bumbu yang digunakan juga berasal dari hutan. Seperti andaliman yang dibuat untuk sambal dan tanaman nipah yang bisa diolah menjadi garam dan madu yang kandungannya jauh lebih sehat daripada garam dan madu biasa.

"Saya berusaha membuat hidangan yang memang bumbu-bumbunya kebanyakan dari hutan atau yang tidak biasa pada umumnya, seperti di restoran atau keseharian pun udah gak biasa," ujar Chef Petty kepada detikFood (3/8).

Lebih lanjut Chef kelahiran Manado ini juga menjelaskan bahwa hidangan yang disajikannya ini disesuaikan dengan tema acara makan malam yang bertajuk 'Forest Feast in a Changing Climate'. Jadi, Chef Petty mencoba membuat suatu permulaan yang bagus untuk menjelajah tentang tanaman liar di hutan Indonesia yang ternyata bagus untuk dikonsumsi.
Daun Kelor dan Krokot yang Kaya Khasiat Enak Dibuat Sup dan SaladFoto: dok.detikFood

Baca Juga : Sup Kenikir hingga Salad Pegagan, Olahan Tumbuhan Liar yang Enak dan Sehat

Seperti sup herbal yang berisi daun kelor, kelapa muda, ubi yang diguyur kuah santan dengan taburan bawang goreng. Rasanya menjadi manis gurih.

Menariknya, hidangan-hidangan tersebut disajikan di dalam wadah yang juga mendukung kelestarian lingkungan. Seperti nampan bambu sebagai piring, batok kelapa sebagai mangkuk juga daun pisang sebagai alas.

Tanaman liar aman untuk dikonsumsi karena lebih organik. Namun, tentunya perlu direndam terlebih dahulu selama 15 - 20 menit agar lebih aman, terutama jika ingin dimakan mentah sebagai salad.
Daun Kelor dan Krokot yang Kaya Khasiat Enak Dibuat Sup dan SaladFoto: dok.detikFood

"Biasanya kita rendam dengan campuran air, cuka dan garam dan itu pakai air es rendamnya supaya daun-daun gak layu. Rendamnya sebentar gak masalah, cukup 15 - 20 menit aja," tambah Chef Petty.

Meskipun bahan dan bumbu diambil langsung dari hutan Indonesia, tetapi ada satu hidangan yang dimasak dengan gaya Eropa. Seperti pada sajian salad herbal yang berisi berbagai tanaman liar.
Daun Kelor dan Krokot yang Kaya Khasiat Enak Dibuat Sup dan SaladFoto: dok.detikFood

Sementara salad sayur segar terdiri dari daun kenikir, krokot, daun kelor dan bunga telang. Dipadu dengan serutan halus bengkuang lalu diaduk dengan madu nipah yang manis sedikit asam. Makan 'mentah' ini selain kaya nutrisi rasanya sangat renyah dan segar.

"Kalau dilihat dari salad sih agak modern kaya style salad Eropa dengan dressing terpisah yang dibuat dengan cuka dan madu. Menarik sih, bahan-bahannya Indonesia banget tapi bergaya Eropa," pungkas Chef Petty.

Baca Juga : Daun Pegagan, Tanaman Liar yang Beri 5 Manfaat Kesehatan

Simak Video "Mexican Tuna Salad dan Salad Roll yang Segar dan Bikin Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)