Ayo, Bernostalgia dengan Jajanan Enak di Pasar Kangen Jogja!

Atika Lulu Zahra - detikFood Sabtu, 13 Jul 2019 11:00 WIB
Foto: Atika Lulu Zahra/detikcom Foto: Atika Lulu Zahra/detikcom
Yogyakarta - Pasar Kangen diadakan kembali di Jogja. Cocok bagi mereka yang ingin mengulang kelezatan jajanan masa lalu yang kini mulai langka.

Pasar Kangen merupakan acara tahunan dan tahun ini merupakan tahun ke 12. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pasar Kangen menghadirkan kulinertradisional yang sudah langka dan sulit ditemui.

Selain beragam kuliner tradisional, di sini juga ada berbagai macam barang kerajinan. Anda juga dapat menikmati pertunjukan dari sekitar 32 kelompok seni.

Pasar Kangen menghadirkan 117 stand kuliner serta 93 stand barang kerajinan. Ada berbagai pilihan kuliner tradisional yang pasti membuat Anda bernostalgia ke jaman dulu. Semua penjaja diwajibkan mengenakan pakaian tradisional yang membuat suasana makin meriah bagai pesta.


Ayo, Bernostalgia dengan Jajanan Enak di Pasar Kangen Jogja! Beragam camilan kuno bisa dibeli di stand ini. Foto: Atika Lulu Zahra/detikcom


"Eventnya lucu ya, yang jual juga pake pakaian adat gitu. Terus makanannya enak-enak. Nggak heran kalo tahun ini rame gini. Unik soalnya," ujar Dinda salah satu pengunjung di Pasar Kangen ini.

Jajanan tradisional yang ditawarkan pun beragam seperti tiwul, bakmi pentil, sate kere, lupis, gethuk, kue apem bahkan es limun yang sudah tidak diproduksi pun hadir khusus di Pasar Kangen ini. Harganya pun sangat terjangkau yaitu dari Rp 2.000 rupiah hingga Rp 18.000 rupiah. Jadi, dijamin kantong nggak akan jebol.

Ayo, Bernostalgia dengan Jajanan Enak di Pasar Kangen Jogja! Makanan tradisional dari umbi-umbian juga lengkap tersedia. Foto: Atika Lulu Zahra/detikcom


"Asik sih. Jadi berasa balik ke jaman dulu gitu. Jajanannya udah susah banget kalo dicari apalagi jaman sekarang. Menariklah pokoknya," ujar Arbida yang juga salah satu pengunjung Pasar Kangen.

Pasar Kangen tahun ini diadakan di kawasan Pelataran Tamana Budaya Yogyakarta (TBY), tepatnya dI Jl. Sriwedani No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka dari mulai pukul 12 siang hingga 10 malam. Dan, tahun ini, Pasar Kangen resmi dibuka Jum'at (12/7) kemarin.

Ayo, Bernostalgia dengan Jajanan Enak di Pasar Kangen Jogja! Pecel dan gudeg tak ketinggalan memeriahkan Kangen Jogja. Foto: Atika Lulu Zahra/detikcom


Untuk masuk ke Pasar Kangen pun tidak dipungut biaya alias gratis. Acara ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi masyarakat Jogja dan sekitarnya atau pun wisatawan dari luar kota maupun luar negeri yang sedang berlibur di sini. Acara hanya berlangsung selama delapan hari yaitu dari tanggal 12 Juli hingga 20 Juli 2019. (odi/odi)