Empuk Lembut Pancake Jepang Kini Bisa Dinikmati Hangat di Jakarta

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Jul 2019 13:44 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Pancake tak lagi tipis kenyal, kini populer fluffy pancake yang tebal lembut asal Jepang. Makan pancake jadi penuh sensasi.

Pancake merupakan kue yang populer di Eropa dan menjadi makanan khas masyarakat Timur Eropa. Pancake khas Eropa dibuat dengan menggunakan susu, tepung terigu, telur dan mentega. Berbeda dengan di Amerika yang dibuat dengan bahan dasar jagung.

Pancake dikenal dengan bentuknya yang tipis menyerupai dadar dan rasanya yang manis. Biasanya orang Eropa dan Amerika menikmati pancake dengan sirup maple dan potongan buah segar sebagai menu sarapan.

Empuk Lembut Pancake Jepang Kini Bisa Dinikmati Hangat di JakartaFoto: Istimewa


Seiring berjalannya waktu, pancake sering diinovasikan di negara lain. Salah satunya Jepang. Pancake ala Jepang dibuat dengan selera orang Jepang yang tidak terlalu manis.

Baca Juga : Gram: Rela Antre Demi 3 Tumpuk Pancake Fluffy dari Osaka

Ada beragam pancake yang dibuat khas Jepang, seperti taiyaki, dorayaki, kushi, imagawayaki dan yang populer fluffy pancake. Adonan pancake ini memakai putih telur yang dikocok hingga mengembang baru diaduk dengan adonan kuning telur dan terigu. Orang menyebutnya sebagai adaptasi dari souffle Prancis.

Ketebalan pancake fluffy mencapai 4 cm dan disajikan 3 buah sekaligus ditumpuk. Pancake ini terkenal sebagai pancake fenomenal di Jepang. Saking fenomenalnya sampai-sampai harus rela mengantre untuk menikmati pancake fluffy ini.

Empuk Lembut Pancake Jepang Kini Bisa Dinikmati Hangat di JakartaFoto: Pancake Fluffy Dok. detikfood/Riska Fitria


Salah satu gerai yang menyajikan pancake ini adalah gerai Gram Cafe & Pancake. Gram Pancake pertama kali didirikan di Osaka, tapi kini sudah merambah ke banyak kota di Jepang, seperti Kyoto, Tokyo, Hiroshima, Fukuoka hingga Okinawa. Bahkan hingga luar Jepang, yaitu Hong Kong dan Bangkok.

Gram Pancake sangat terkenal di kalangan pecinta pancake karena sajian pancakenya yang sangat lembut dan membal. Pancake ini disajikan dengan butter dan whipped cream, lengkap dengan sirup maple dan taburan gula halus di atasnya. Rasanya gurih dengan aroma telur dan mentega yang khas dan kuat.

Empuk Lembut Pancake Jepang Kini Bisa Dinikmati Hangat di JakartaFoto: Tiramisu Pancake Dok. detikfood/Riska Fitria


Pembuatan pancake fluffy ini sendiri membutuhkan waktu yang lama, untuk adonannya saja harus dibuat dalam waktu semalaman. Maka tak heran pancake ini hanya disediakan dalam jumlah yang terbatas. Bahkan untuk memesannya harus mengambil nomor urut terlebih dahulu.

Kini pancake fenomenal asal Jepang tersebut sudah bisa dipesan di gerai Gram Pancake yang baru buka di Jakarta. Sayangnya, pancake ini tidak bisa dipesan untuk di bawa pulang. Ini karena pancake akan mudah kempis dan harus dinikmati selagi hangat.

Empuk Lembut Pancake Jepang Kini Bisa Dinikmati Hangat di JakartaFoto: Banana Vanila Pancake Dok. detikfood/Riska Fitria


Akan ada pembagian 3 waktu sesi untuk memesan pancake, yaitu pada pukul 11.00, 15.00 dan pukul 18.00 saja. Selain pancake fluffy, masih ada sajian pancake lainnya. Kalau ingin mencicipi fluffy pancake autentik Jepang, Anda bisa mendatangi gerainya di Plaza Indonesia lantai 2 yang resmi dibuka kemarin (8/7).

Baca Juga : Kafe Ini Punya Sajian Pancake Lembut Ringan dengan Tebal 3 cm! (raf/odi)