Kisah Sukses Keju Kesu, Pemenang Emas Harkulnas Go-Food 2019

Nurcholis Ma'arif - detikFood Senin, 24 Jun 2019 14:36 WIB
Foto: gojek
Jakarta - Keju Kesu menjadi salah satu pemenang merchant Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) Go-Food 2019 yang dipilih berdasarkan pertumbuhan dan penyelesaian order tertinggi. Namun, siapa sangka usaha kuliner milik pemuda asal Medan tersebut harus dimulai dari nol sebagai usaha rumahan.

Adhitiya Wicaksana Saputra, sang pemilik Keju Kesu, mengatakan mulai terjun dengan usaha kuliner dengan menu pisang keju yang ia kembangkan sendiri dari berbagai uji resep yang ia lakukan serta mulai dirintis pada tahun 2017.


Saat itu, Adhitiya masih duduk di bangku kuliah dan menjadikan Keju Kesu sebagai usaha kuliner rumahan. Awal membuka Keju Kesu, pisang krispi menjadi produk utama dengan varian rasa keju, coklat, dan coklat keju.

Dengan modal minim, Adhitiya memilih bergabung dengan Go-Food yang merupakan aplikasi antar makanan milik Go-Jek untuk mengembangkan usahanya. Usahanya dari hari ke hari terus berkembang hingga berdampak pada pengembangan dan penjualan produknya.

"Sejak adanya Go-Food, usaha saya berkembang. Saya bisa membeli inventaris baru, mengembangkan produk hingga meningkatkan penjualan sampai 500 item per hari yang awalnya penjualan hanya 20 sampai 50 item per hari," ucap Adhitiya dalam keterangan tertulis Senin (24/6/2019).


Kini, Keju Kesu mulai berkembang dengan tiga produk utama, yaitu pisang krispi, donat kesu, dan roti kesu dengan sepuluh varian rasa yang ditawarkan. Keju Kesu juga sudah membuka dua cabang tempat usaha di medan yaitu di Jalan Haji Muhammad Joni dan Jalan Garu II A.

Pada Harkulnas Go-Food 2019, Keju Kesu hadir dalam program tersebut dan menjadi salah satu pemenang merchant yang dipilih berdasarkan tingkat pertumbuhan tertinggi dan kemampuan penyelesaian order.

"Selama hampir satu bulan periode Harkulnas Go-Food 2019 kemarin, outlet kami mengalami kenaikan penjualan drastis hingga dua kali lipat. Harkulanas Go-Food juga berdampak baik pada penjualan Keju Kesu setelah berakhirnya masa promo," ucap Adhitiya.

Adhitiya juga mengungkapkan rencana pengembangan usaha kuliner miliknya ke depan. Sang pemilik Keju Kesu tersebut berencana untuk mengembangkan produk minuman sebagai pendamping berbagai jenis produk makanannya saat ini.

Selain Keju Kesu, pemenang mitra merchant Harkulnas Go-Food 2019 lainnya adalah Ayam Bakar Kacalada dari Bandung, Ayam Geprek Sukoharjo dari Surakarta, Sop Ubi Mak Djum dari Makassar, Bakmi Hauce dari Bali, Bogana May-May dari Jabodetabek.

Selama Harkulnas Go-Food 2019 juga rata-rata penjualan transaksi mitra merchant Go-Food meningkat sebesar 20%. Go-Food sebelumnya telah bekerja sama dengan 300.000 merchant yang 96% darinya adalah UMKM dan program Harkulnas Go-Food menjadi upaya dalam mendorong kesejahteraan mitra UMKM. (mul/ega)