Ini Pengakuan Penjual Rujak Cingur Seharga Rp 60 Ribu yang Sempat Viral

Amir Baihaqi - detikFood Senin, 10 Jun 2019 17:25 WIB
Foto: Amir Baihaqi/detikcom Foto: Amir Baihaqi/detikcom
Jakarta - Sebuah video seorang penjual rujak cingur di Jalan Raya Wiguna Timur, Gunung Anyar mendadak viral di medsos. Pasalnya dalam keterangan video tersebut, si penjual mengaku jika harga seporsi rujak cingur Rp 60 ribu.

Dalam video berdurasi 58 detik itu tampak seorang pemuda yang tiba-tiba datang dan menanyakan harga rujak yang telah dibelinya. Ia kembali ke lapak si penjual dan memastikan apakah harganya yang diberikannya telah sesuai atau tidak.

"Ngapunten nggeh mbak. Rujak yang tadi itu benar ya 300 ribu? Oh gitu satu porsinya Rp 60 ribu sama esnya Rp 15 ribu. Jadi empat porsi Rp 315 ribu ya," kata pria perekam dalam video yang dilihat detikcom, Senin (10/6/2019).
Ini Pengakuan Penjual Rujak Cingur Seharga Rp 60 Ribu yang Sempat ViralFoto: Amir Baihaqi/detikcom

Baca juga : Rujak Cingur? Uenak Tenan!!

Mengetahui harga yang tinggi itu, pria dalam video mengaku kaget. Karena ia baru kali ini makan rujak cingur dengan harga setinggi itu. Namun buru-buru si penjual memberitahu bahwa ada rujak cingur yang lebih mahal di tempat lain daripada miliknya.

"Soalnya saya baru tahu makan rujak segitu harganya. Saya dari Bulak Banteng," ujar suara si perekam.

Selain memberi keterangan rujak cingur seharga Rp 60 ribu, dalam video yang viral juga disertakan alamat penjual itu berjualan di Raya Wiguna Timur, Gunung Anyar. Tak hanya itu, dalam keterangan lainnya netizen diajak untuk berhati-hati untuk membeli rujak di sana. Karena menurut mereka harganya kelewat mahal.

Detikcom kemudian mencoba menelusuri dan mendatangi penjual rujak cingur tersebut. Dan memang benar ibu penjual yang berada di dalam video itu menggelar lapaknya di sana.

Ibu penjual itu bernama Marmila (43). Ia mengaku sudah sudah berjualan rujak cingur selam 20 tahun terakhir. Ia juga membenarkan bahwa memang pada hari Sabtu ada empat orang laki-laki yang naik mobil memesan empat bungkus rujak cingur.
Ini Pengakuan Penjual Rujak Cingur Seharga Rp 60 Ribu yang Sempat ViralFoto: Amir Baihaqi/detikcom

"Ya benar. Ada 4 orang. Pertama itu aku tiduran terus bangunin saya bilang 'mbak rujaknya empat' terus saya bilang seporsi Rp 60 mereka setuju 'ya makan sini empat'. Terus habis gitu bilang esnya empat juga," kata Marmila kepada detikcom, Senin (10/6/2019).

Namun ia membantah jika harga esnya sampai Rp 15 ribu seperti yang beredar di media sosial. Ia menjalaskan kalau es yang 15 ribu itu merupakan harga es Manado bukan es lainnya.

"Kalau harga es Manado jumbo itu harganya Rp 15 ribu. Yang tanggung Rp 10 ribu. Kalau es teh Rp 5 ribu. Salah itu yang bilang saya jual Rp 17 ribu atau Rp 15 ribu. Jadi yang benar yang Rp 15 ribu itu cuma es Manado Jumbo," terangnya.

Marmila menerangkan, harga seporsi rujak cingur yang dijualnya bukan lagi aji mumpung lebaran. Sebab selama ini juga harganya sudah segitu. Sedangkan harganya yang mencapai Rp 60 ribu, ia berdalih karena rujak cingur yang dijualnya merupakan ukuran jumbo. Sehingga wajar jika ia mematok harga segitu.

"Kalau orang punya uang itu harga juga sebanding dengan rasa. Porsinya juga jumbo, cingurnya juga banyak. Saya jualan itu nggak satu tahun, dua tahun. Tapi sudah 20 tahun lebih. Mulai harga Rp 7.5 ribu, Rp 15 ribu, Rp 35 ribu, Rp 55 ribu sampai Rp 60 ribu ndak ada ada orang komen kayak itu. Baru kali ini. Mereka cuma orang iseng aja," tandas Marmila.
Ini Pengakuan Penjual Rujak Cingur Seharga Rp 60 Ribu yang Sempat ViralFoto: Amir Baihaqi/detikcom

Pantaun detikcom di lapak dagangan Marmila, viralnya videonya di media sosial serta ajakan untuk tidak membeli di sana rupanya tak memberikan pengaruh bagi dagangannya. Marmila masih sama banyak melayani langganannya.

Beberapa pembeli bahkan merasa penasaran dengan rasa rujak cingur Marmila setelah melihat atau mendengar adanya rujak seharga Rp 60 ribu. Salah satunya adalah Robi (30). Ia mengaku penasaran dan ingin mencobanya sendiri.

"Kalau videonya saya belum lihat. Tapi saya sempat dengar di sini ada rujak seharga Rp 60 ribu. Makanya saya coba langsung. Kebetulan rumah saya kan dekat sini di Gunung Anyar Tambak. Jadi ini baru pertama kali beli di sini," pungkas Robi

Baca juga : Cari Rujak Cingur Buat Makan Siang? Ayo Rek Sambangi 5 Warung Ini! (dvs/odi)