Pilihan Menu Worry Free Buat Pejuang Diet Keto Saat Lebaran

Raras Prawitaningrum - detikFood Minggu, 02 Jun 2019 10:08 WIB
Sup Daging. Foto: Shutterstock Sup Daging. Foto: Shutterstock
Jakarta - Lebaran terkadang jadi momok yang menakutkan bagi para pejuang diet. Faktanya, banyak makanan nikmat yang disediakan saat Lebaran sehingga membuat pola diet berantakan. Menu khas Lebaran seperti ketupat, opor, rendang, hingga minuman manis dan camilan seperti kue kering membuat orang kalap menyantapnya saat Hari Raya.

Agar diet tak berujung gagal, yakinkanlah diri untuk tetap berkomitmen agar tujuan diet tercapai. Makan enak boleh, asal tahu apa yang dikonsumsi dan perhatikan porsinya. Bagi yang menjalankan diet keto, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar diet tetap berhasil walaupun menyantap makanan Lebaran.

Dilansir dari Journal of European Nutrition, diet ketogenik atau diet keto merupakan diet yang mengutamakan asupan lemak dan mengurangi asupan karbohidrat untuk memicu ketosis.


Bagi pejuang diet keto, pastikan tidak mengonsumsi sembarang lemak saat Lebaran. Jangan mentang-mentang mengutamakan asupan lemak, jadi kalap makan daging-dagingan saat Lebaran.

Adapun pilihan menu yang bisa dibuat untuk Lebaran adalah sup daging sapi dengan tambahan tomat, mentega, keju yang dibumbui dengan garam, bawang putih, serta merica. Atau salad yang dengan potongan ikan tuna atau udang lalu dicampur dengan minyak zaitun, perasan air lemon, keju, dan biji wijen.

Selain itu, kurangi asupan makanan dan minuman manis seperti kue kering hingga aneka dessert seperti es cendol. Namun bukan berarti pejuang diet keto tidak bisa menyantap dessert nikmat. Buat saja dessert yang sehat dan praktis seperti bubur candil biji salak menggunakan tepung keto dengan gula rendah kalori.


Makin sehat jika membuat bubur candil biji salak dengan Sasa Santan Cair untuk dijadikan topping. Faktanya, Sasa Santan Cair bisa menjadi pilihan santan yang sehat dan nikmat bagi para pejuang diet keto karena tidak mengandung kolesterol jika dimakan langsung atau dijadikan topping.

Santan Sasa Cair juga diolah dari perasan pertama santan asli dari kelapa tua yang punya banyak kebaikan dan manfaat bagi kesehatan serta gaya hidup masa kini. Rasanya gurih nikmat dan cocok bagi yang punya alergi laktosa untuk menggantikan susu.

Jadi para pejuang diet keto nggak perlu khawatir lagi untuk mengonsumsi makanan nikmat! (prf/ega)