Pakai Kepulan Asap, Snack Nitrogen Cair Jadi Makanan Instagramable

Devi Setya - detikFood Jumat, 12 Apr 2019 19:10 WIB
Foto: Devi S. Lestari/detikfood
Jakarta - Makanan yang unik dan instagenik dijamin laris manis diburu millenial. Seperti tren snack berasap yang diolah dengan nitrogen cair.

Di Pasar Senggol 2019 yang digelar Summarecon Mall Bekasi ada satu jajanan yang menyita perhatian pengunjung. Banyak orang rela antre panjang demi bisa mencicipi sensasi makan snack yang berasap.

Booth Magic Snack yang ada di area festival kuliner ini terlihat ramai, lengkap dengan kepulan asap putih yang tak henti membumbung. Dua pria tengah sibuk mengolah kudapan yang jadi menu utama di kios ini.

Pakai Kepulan Asap, Snack Nitrogen Cair Jadi Makanan InstagramableFoto: Devi S. Lestari/detikfood

Baca juga : "Pasar Senggol 2019" Kembali Digelar, Ada Sate Cumi Kekinian hingga Snack Berasap

Ternyata snack yang ditawarkan kedai ini diolah menggunakan campuran nitrogen cair. Zat kimia ini memang sempat menghebohkan dunia kuliner karena bisa mengolah berbagai makanan menjadi dingin seketika.

Kebanyakan kuliner yang diolah dengan nitrogen cair ini adalah es krim. Tapi makanan yang dihadirkan Magic Snack ini adalah chiki berwarna-warni yang disajikan dengan es krim.
Pakai Kepulan Asap, Snack Nitrogen Cair Jadi Makanan InstagramableFoto: Devi S. Lestari/detikfood

Untuk membuatnya, penjual menuangkan nitrogen cair dari dalam tabung kemudian dimasukkan chiki yang berulang kali dikocok dalam wadah. Chiki ini seketika menjadi dingin dan membeku serta mengeluarkan asap putih yang tebal.

Sebagai pelengkap, chiki disajikan dengan es krim, biskuit cokelat, meises dan susu kental manis. Asap tipis seperti kabut pun keluar dari mangkuk saji.

Momen ini yang ditunggu para pembeli, saat asap masih tebal adalah momen tepat untuk mengambil foto. Asap tak hanya keluar menyelimuti wadah snack tapi saat chiki dimakan, asap juga akan otomatis keluar dari rongga mulut dan hidung.
Pakai Kepulan Asap, Snack Nitrogen Cair Jadi Makanan InstagramableFoto: Devi S. Lestari/detikfood

Baca juga : Berbahayakah Es Krim yang Dibekukan dengan Nitrogen Cair?

Penggunaan nitrogen cair pada makanan sebenarnya sudah dilakukan sejak 1890-an. Kebanyakan pelaku usaha mengandalkan nitrogen ini sebagai bahan yang membuat makanan cepat beku hanya dalam hitungan menit.

Nitrogen cair memiliki suhu sangat rendah yakni mendidih pada suhu -196 derajat celsius. Selama digunakan dalam porsi yang tepat, nitrogen cair aman dijadikan bahan untuk mengolah makanan. (dvs/odi)