Ada Tortilla dan Paella Autentik Spanyol di Resto Klasik Ini

Shara Azzhara - detikFood Senin, 01 Apr 2019 18:00 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di kawasan Setiabudi ada resto Spanyol yang baru dibuka. Tersedia beragam menu Spanyol autentik seperti tortilla, paella, hingga churros. Cicip, yuk!

Setelah sukses di Singapura dan Malaysia, Tapas Club membawa sensasi bersantap ala Spanyol ke Indonesia. Tapas Club merupakan Authentic Spanish Restaurant yang dikepalai Chef Eksekutif, Jose Alonso. Pada hari peresmiannya, Sabtu (30/3), Tapas Club adakan acara Spanish Fiesta yang mengajak pengunjung menikmati suasana bersantap ala Spanyol.

Tapas Club Indonesia berada di area Setia Budi One Mall. Interior restorannya memadukan suasana klasik dan modern. Dengan area lebih dari 300 meter persegi, Tapas Club memiliki area makan yang luas, ruang privat untuk rapat, dan area teras di bagian luar. Tak ketinggalan area bar dengan koleksi wine pilihan.

Ada Tortilla dan Paella Autentik Spanyol di Resto Klasik IniFoto: dok. detikFood

Acara Spanish Fiesta diawali dengan sambutan dari Direktur Tapas Club, Jose Alonso, "Kami ingin pelanggan dapat merasakan sensasi bersantap Spanyol di restoran Tapas Club. Kami menawarkan gairah dan budaya makan, yang telah berhasil kami bawa berkat inovasi proses dan nilai metodologi yang terhubung dengan kerjasama yang erat dari divisi yang berkaitan. Kami berhasil membuka Tapas Club di berbagai negara serta menjaga standar makanan dan pelayanan dari merek Tapas Club".

Baca juga: Kalau ke Spanyol, Pastikan Cicip 8 Hidangan Enak Ini

Restoran Spanyol ini mengusung konsep casual dining dan berusaha membuat makanan autentik Spanyol lebih dikenal publik. "Kami merancang menu dan resep berbeda untuk setiap outlet di sebuah negara. Seraya menyesuaikan rasa dan bahan dari setiap negara, namun kami tetap mengedepankan cita rasa seratus persen khas Spanyol. Kami ingin pelanggan merasakan sensasi makan yang nyaman serta pelayanan professional dengan harga yang terjangkau," ujar Jose.

Ada Tortilla dan Paella Autentik Spanyol di Resto Klasik IniFoto: dok. detikFood

Sebelum bersantap, pengunjung disuguhkan pilihan minuman berupa sangria, red wine, dan white wine. Bagi yang tidak minum minuman alkohol, ada beragam minuman ringan. Kemudian ada hidangan pembuka berupa Pinxto, satai ayam bumbu khas Spanyol dan cumi goreng tepung.

Ditemani iringan lagu berbahasa Spanyol, Tapas Club menyajikan hidangan utama seperti Chiken croquettes berbahan dasar kentang yang renyah namun lembut di dalam. Bomba, yakni tumisan daging sapi dibalut kentang dan saus rempah khas Spanyol, Trinxat, canelloni dan garlic prawn.

Selain itu, terdapat pula tortilla. Jika biasanya tortilla berbentuk keripik renyah, tortilla khas Spanyol merupakan telur dadar dengan isian kentang khas Spanyol.

Ada Tortilla dan Paella Autentik Spanyol di Resto Klasik IniFoto: dok. detikFood

Menu utama di restoran ini memang didominasi dengan bahan dasar kentang. Karena menurut pengelola restoran, kentang merupakan makanan utama yang sangat digemari oleh masyarakat Spanyol. Selain itu, kentang sangat mudah diolah menjadi berbagai masakan.

Dalam acara pembukaannya, Tapas Club juga membuat paella raksasa yang diperagakan langsung chef Oscar Avilez. Paella merupakan masakan khas Spanyol. Berupa beras yang diolah menjadi nasi berbumbu dan diberi campuran sayur dan aneka seafood. Paella mixta diolah di atas wajan pipih khusus bernama patella.

Pertama-tama Chef Oscar menumis udang, kerang, dan berbagai bumbu dan mengaduknya dengan spatula kayu besar. Setelah setengah matang, dituanglah kaldu seafood dan diaduk hingga mendidih dan menghasilkan aroma yang sedap.

Ada Tortilla dan Paella Autentik Spanyol di Resto Klasik IniFoto: dok. detikFood

Setelah itu beras dituangkan dan diaduk hingga seluruh cairan terserap. Beras yang digunakan merupakan jenis khusus yang diimpor dari Spanyol untuk kualitas setapan yang sempurna. Sambil menunggu beras matang, bumbu istimewa ditaburkan diatasnya. Bumbu ini adalah Saffron yang terkenal sebagai rempah mahal. Setelah matang, nasi paella diberi tambahan kerang dan disajikan hangat-hangat pada pengunjung.

Dari deretan hidangan penutup, Tapas Club menawarkan Churros con chocolate dan cheese cake. Tapas Club Indonesia sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantap bersama rekan kerja maupun dengan pasangan. Kisaran harga yang ditawarkan di restoran ini pun cukup variatif yaitu Rp30.000 hingga Rp260.000.

Baca juga: Bosan Makan Nasi Goreng ? Coba Paella Enak di 5 Tempat Ini

(adr/odi)