Laporan dari London

Paviliun Indonesia Diserbu Pengunjung Gara-gara Soto Lamongan

Ken Yunita - detikFood Kamis, 14 Mar 2019 16:00 WIB
Foto: Ken Yunita Foto: Ken Yunita
Jakarta - Selain buku, Indonesia juga membawa gerbong industri kreatif lain di London Book Fair 2019. Salah satunya adalah kuliner.

Kali ini, Indonesia menyajikan Soto Lamongan untuk pengunjung London Book Fair 2019. Pameran internasional buku tahunan ini digelar di Olympia, London, 12 - 14 Maret 2019.

Acara kuliner ini bertajuk 'Soto of the Day itu digelar di Spice Cafe', Rabut (13/3/2019) pukul 12.00 waktu London. Tampil sebagai pembicara dalam acara ini adalah Petty Pandean-Elliott, penulis buku masak yang juga seorang chef.

Paviliun Indonesia Diserbu Pengunjung Gara-gara Soto LamonganFoto: Ken Yunita

Sebelum acara dimulai, pengunjung sudah memadati Spice Cafe. Bahkan nyak pengunjung yang tidak kebagian tempat duduk. Antusiame pengunjung terlihat dari beberapa orang yang kami temui.

"Saya ingin mencicipi makanan Indonesia. Saya belum pernah makan," ujar seorang pengunjung bernama George saat berbincang dengan detikcom.

Tepat pukul 12.00 waktu London, acara dimulai dengan penjelasan chef Petty Elliot tentang Soto Lamongan yang menjadi sajian hari ini. Soto Lamongan merupakan salah satu jenis soto Indonesia yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur.

Paviliun Indonesia Diserbu Pengunjung Gara-gara Soto LamonganFoto: Ken Yunita

"Soto Lamongan adalah soto dengan kuah jernih, tanpa santan kelapa," kata Petty. Secara umum, Petty juga menjelaskan jenis-jenis soto di Indonesia. Petty Elliot yang pernah tinggal di London dan menulis buku masakan Manado 'Papaya Flower' ini pun menanggapi pertanyaan dari pengunjung.

Paviliun Indonesia Diserbu Pengunjung Gara-gara Soto LamonganFoto: Ken Yunita

Soto ayam ini berkuah bening kuning karena memakai bumbu kunyit dan bawang putih. Isiannya berupa suwiran ayam, irisan kol, suun, irisan tomat dengan topping koyah sebagai ciri khasnya.
Dan sekitar pukul 12.30, saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Apalagi kalau bukan mencicipi Soto Lamongan yang disajikan hangat mengepul.
"Rasanya enak. Tadinya saya berpikir rasanya akan seperti ramen tapi ternyata sama sekali berbeda," kata Joanne, salah satu pengunjung.

Soto Lamongan bukan satu-satunya soto yang akan disajikan di London Book Fair 2019. Kamis, 14 Maret 2019, akan dibahas dan disajikan Soto Betawi.

(lus/lus)