Puluhan Koki Adu Kebolehan Ciptakan Kreasi Olahan Ikan Asap

M Rofiq - detikFood Minggu, 10 Feb 2019 05:08 WIB
Foto: M Rofiq/detikcom Foto: M Rofiq/detikcom
Probolinggo - Puluhan koki dari sejumlah resto dan rumah makan di pesisir pantai utara (Pantura) Probolinggo, adu ketrampilan bikin olahan ikan asap.

Beragam olahan ikan asap disajikan dalam lomba yang di gelar di areal Eko Wisata Mangrove BJBR Kota Probolinggo, pada Sabtu (09/02/19). Seperti olahan ikan asap, yang dibuat menyerupai hamburger. Bentuk olahannya sama persis, dengan hamburger daging meski menggunakan daging ikan asap.

Ada juga Rempah Asap Mina Holada, yang terbuat dari ikan asap, kelapa muda, aelasih dan kentang. Kreasi ini dibuat oleh Suntono Adi, salah satu koki. Menu tersebut sengaja ia pilih, agar ikan asap olahan tampil menarik.

Puluhan Koki Adu Kebolehan Ciptakan Kreasi Olahan Ikan AsapFoto: M Rofiq/detikcom

Tak kurang dari 30 menit, waktu yang dihabiskan dalam membuat menu ikan asap yang mirip sajian kuliner khas eropa tersebut. "Sengaja bikin olahan seperti ini mas, biar beda saja dan elegan,"ujarnya.

Lomba olahan ikan asap sendiri, digelar oleh HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Probolinggo bersama BJBR dan Pemerintah Kota Probolinggo, guna mempopuler ikan asap yang merupakan kuliner laut khas Kota Mangga.

Sementara jumlah koki yang turut serta dalam lomba olahan ikan Asap kali ini, ada sekitar 50 orang. Mereka berasal, dari wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo. Harson Mursiono, selaku panitia lomba sengaja menggelar lomba masak ikan asap, untuk mendongkrak perekonomian UMKM khusus olahan ikan laut, Tujuannya agar bisa muncul kreasi olahan ikan asap yang berharga lebih mahal dan laku di pasaran.

Puluhan Koki Adu Kebolehan Ciptakan Kreasi Olahan Ikan AsapFoto: M Rofiq/detikcom

"Sengaja kita gelar lomba masak ikan ini, selain meningkatkan perekonomian dan kemajuan UMKM dari hasil laut, juga para koki muda bisa lebih berkreasi dengan karya masaknya, semoga kuliner ikan asap ini bisa menjadi ikon wisata nanti" tegas Harson.

Wakil Wali Kota Probolinggo, HMS Soufis Subri yang turut hadir dalam lomba tersebut berharap, agar olahan ikan Asap semakin populer di masyarakat. Oleh karenanya, Pemerintah Kota Probolinggo akan menyiapkan sentra olahan iIkan asap, yang fungsinya juga menjadi salah satu destinasi wisata .

"Potensi Ikan di Kota Probolinggo sangatlah luar biasa, perlu adanya inovasi kreatif agar potensi ini menjadi salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat," paparnya.

Lebih lanjut HMS Soufis Subri menjelaskan, bahwa olahan ikan asap merupakan kuliner khas Probolinggo, yang perlu dipantenkan agar tidak diklaim daerah lainnya.

"Ikan asap ini potensial sekali untuk wisata daerah, oleh karenanya kedepan pemerintah akan memberikan atensi serius untuk olahan ikan satu ini,"tandasnya. (odi/odi)