Empuk Wangi! Martabak Isi Jasuke Durian dari Cirebon

Sudirman Wamad - detikFood Senin, 12 Nov 2018 17:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Cirebon - Martabak manis punya beragam variasi. Dari yang isiannya klasik hingga yang kekinian berntuk seperti pizza dengan aneka topping.

Di Cirebon, ada martabak ber-topping durian, jagung, susu, dan keju alias martabak durian jasuke. Martabak Jasuke ini merupakan menu baru di Martabak Apin yang berada di Jalan Kartini, Kota Cirebon, Jawa Barat. Rasa durian yang legit harum dicampur dengan jasuke membuat martabak ini memiliki rasa yang unik.

Empuk Wangi! Martabak Isi Jasuke Durian dari CirebonFoto: dok. detikFood

Jasuke atau jagung, susu dan keju merupakan jajanan dari jagung manis rebus yang diaduk dengan susu kental manis dan ditaburi keju cheddar parut. Rasa manis gurihnya bikin banyak orang menyukainya.

Duriannya membuat rasa martabak menjadi lebih legit. Makin mantap di lidah. Menurut pemilik Martabak Apin, Diki Rusnanda, kendati martabak durian jasuke ini menu baru, namun peminatnya terbilang tinggi.

"Sekitar sebulan lalu saya buat menu martabak durian jasuke ini. Menu ini terinspirasi dari jajanan jasuke, coba saya kawinkan dengan durian. Ternyata pas," kata Diki saat ditemui Martabak Apin, Jalan Kartini Kota Cirebon, Minggu (11/11/2018).

Empuk Wangi! Martabak Isi Jasuke Durian dari CirebonFoto: dok. detikFood

Rata-rata dalam sehari, Diki mengaku sebanyak 30 porsi martabak durian jasuke ludes terjual. Bahkan, setiap akhir pekan penjualan martabak durian jasuke mengalami peningkatan.

"Kalau akhir pekan bisa tembus 50 porsi. Untuk harganya itu satu porsi hanya Rp 65 ribu," kata Diki.

Diki mengaku menggunakan durian dan jagung pilihan sebagai bahan baku martabak durian jasuke. Durian yang digunakan berasal dari Medan. Sedangkan, jagung yang digunakan adalah jenis jagung manis.

Empuk Wangi! Martabak Isi Jasuke Durian dari CirebonFoto: dok. detikFood

Sebelum membuat menu martabak durian jasuke, Diki mengaku telah membuat menu martabak durian dan martabak jagung. Dari dua menu tersebut, dikatakan Diki, martabak durian paling diminati.

"Olahan durian itu memang paling banyak diminati. Coba saya kombinasikan keduanya, dan hasilnya makin banyak peminatnya," ucapnya.

(adr/odi)