Meski Disukai Banyak Orang, Makanan Ini Tak Boleh Disantap Atlet Indonesia

Devi Setya - detikFood Senin, 13 Agu 2018 13:24 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Kalau jadi atlet, siap-siap jauh dari mie instan, sambal dan minuman beralkohol. Semuanya tak boleh dinikmati para atlet, apalagi menjelang pertandingan.

Menjadi atlet bukan hanya soal fisik dan mental yang kuat. Kedisiplinan juga diterapkan dengan ketat, termasuk pada pilihan jenis makanan. Ada beberapa aturan soal makanan yang boleh dan tak boleh dikonsumsi para atlet.

Ditemui detikFood di Jakarta baru-baru ini, dua atlet hockey outdoor Indonesia yang akan berlaga di ajang Asian Games 2018 membeberkan rahasia pola makan mereka.
Meski Disukai Banyak Orang, Makanan Ini Tak Boleh Disantap Atlet Indonesia Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Baca juga : Nasi Kebuli dan Kue Lumpur Akan Disajikan untuk Atlet Asian Games 2018

Adalah Abdullah Jihad Al Akbar dan Indi Dwi Kastoro yang mengaku makanan jadi salah satu hal penting yang dipersiapkan bagi para atlet. Hampir semua makanan boleh disantap tapi ada juga yang sama sekali tak boleh dinikmati, meskipun enak dan disukai banyak orang.

"Kita nggak boleh sama sekali makan sambal. Coach paling ketat ngingetin soal makan sambal. Jadi selama latihan, menu makannya sama sekali nggak ada sambal padahal kan kita orang Indonesia ada yang kurang gitu kalau nggak pakai sambal," beber Jihad yang juga diamini Indi.
Meski Disukai Banyak Orang, Makanan Ini Tak Boleh Disantap Atlet Indonesia Foto: dok. detikFood
Jihad yang merupakan mahasiswa asal Indramayu ini juga menjelaskan alasan kenapa para atlet dilarang makan sambal. "Soalnya takut lari ke masalah perut. Kalau makan sambal kan perut jadi panas, takutnya jadi mengganggu latihan, diare, apalagi pas pertandingan nanti," kata Jihad.

Selain sambal, Indi mengatakan kalau atlet juga tak boleh makan mie instan dan minum minuman beralkohol. "Mie instan juga dilarang, jadi kadang coach sama panitia meriksain laci kami, kalau ketemu mie instan pasti dimarahin. Alkohol juga, sudah pasti dilarang," kata pria yang juga guru olahraga di SMA ini.

Soal pilihan menu bagi atlet, baik Jihad maupun Indi mengatakan pihak panitia selalu menyediakan menu tinggi protein seperti ayam, ikan dan daging. Sayuran dan buah juga tak boleh absen dari menu makannya.
Meski Disukai Banyak Orang, Makanan Ini Tak Boleh Disantap Atlet Indonesia Foto: Istimewa
Baca juga : Ini 5 Pilihan Sambal Tradisional yang Bikin Makan Makin Seru

Tak ada batasan porsi konsumsi makanan yang dimakan dalam sehari. Para atlet bisa makan sebanyak-banyaknya karena mereka juga membutuhkan energi yang banyak.

"Makan nggak dibatesin porsinya, cuma kan kita latihan fisiknya juga berat jadi makanannya diolah jadi energi, bukan lemak. Kita makan banyak ya badan tetap segini-segini aja." pungkas Jihad yang berharap timnya bisa merebut medali emas pada Asian Games 2018 ini. (dvs/odi)