Nasi Kebuli dan Kue Lumpur Akan Disajikan untuk Atlet Asian Games 2018

Devi Setya - detikFood Sabtu, 11 Agu 2018 14:06 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Semua persiapan fisik, lokasi dan acara sudah selesai. Termasuk menu makanan para atletnya.

Hampir seluruh persiapan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang sudah rampung. Selain persiapan venue dan kesiapan fisik para atlet, ada juga persiapan jamuan makan. Jamuan ini akan dihidangkan untuk atlet Indonesia maupun atlet dari negara peserta Asian Games 2018.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 dan merayakan Asian Games 2018 Komunitas Kuliner Indonesia mengadakan acara talkshow sekaligus food tasting menu atlet Asian Games 2018. Acara yang digelar di Almond Zucchini, Jakarta Selatan ini menghadirkan beberapa nara sumber yang menjelaskan tentang rempah Indonesia.

Nasi Kebuli dan Kue Lumpur Akan Disajikan untuk Atlet Asian Games 2018Foto: detikfood
Makanan khas hingga menu yang disajikan untuk para atlet. Dua penanggung jawab katering selama ajang Asian Games 2018 ini adalah Aero Catering Service (ACS) dan Gobel Dharma Sarana Karya (GDSK). Kedua katering ini yang bertugas memilih, menyusun, mengolah dan menyajikan makanan untuk para atlet.

Berbagai makanan Indonesia juga turut dihadirkan sebagai hidangan sarapan, makan siang dan makan malam. Tentunya pemilihan menu ini sudah sesuai dengan kriteria dan persyaratan standar makanan atlet.

Nasi Kebuli dan Kue Lumpur Akan Disajikan untuk Atlet Asian Games 2018Foto: detikfood

Ada berbagai persyaratan utama, seperti makanan harus tinggi protein, buah dan keju selalu ada sepanjang hari. Setiap makanan harus dicantumkan komposisi bahan utamanya. Amanda Katili Niode, Ketua Omar Niode Foundation menjelaskan,

"Acara ini berusaha memberikan gambaran tentang makanan yang akan dinikmati oleh para atlet dan official. Bisa dibayangkan usaha yang dilakukan untuk membuat para atlet dapat menikmati berbagai jenis makanan dan minuman yang ada, terutama makanan Indonesia," ujarnya.

Makanan Indonesia pastinya tak bisa lepas dari bumbu dan rempah khas. Ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi kuliner Indonesia yang akan bumbu dan rempah.

Ketua Negeri Rempah Foundation, Kumoratih Kushardjanto mengatakan, "Selain merekatkan persaudaraan melalui olahraga di Asian Games, para olahragawan juga dapat merayakan keberagaman melalui common heritage mereka, yaitu kuliner dengan beragam rempah."

Nasi Kebuli dan Kue Lumpur Akan Disajikan untuk Atlet Asian Games 2018Foto: detikfood

Beberapa hidangan yang nantinya jadi sajian dipilih dari berbagai daerah di Indonesia. Ada lumpia sayur, kue lumpur, nasi kebuli, kuah Bugis, nasi briyani, sayur okra dan bihun goreng ayam. Semua hidangan terasa spesial, menggunakan bumbu dan rempah namun tidak terlalu pekat sehingga bisa diterima semua lidah.

Ajang Asian Games ke 18 yang digelar di Indonesia diikuti oleh 15.000 atlet dari 45 negara peserta yang bertanding di 40 cabang olahraga. Diharapakan makanan Indonesia bisa diterima dan disukai oleh seluruh atlet Asian Games 2018.
(dvs/odi)