Gaya Memasak Ayam Goreng Khas Jogja Dilestarikan oleh Mbok Sabar

Bagus Kurniawan - detikFood Minggu, 29 Jul 2018 10:20 WIB
Foto: dok. detikFood/Bagus Kurniawan Foto: dok. detikFood/Bagus Kurniawan
Yogyakarta - Tampilan ayamnya cokelat gelap tak terlalu memikat. Tetapi begitu masuk mulut barulah terasa legit enaknya. Apalagi dicocol sambal khasnya. Juara!

Nama 'Mbok Sabar' beberapa waktu lalu jadi guyonan banyak orang. Lantaran presiden Joko Widodo selalu menjawab 'mbok sabar' saat ditanya soal calon wakil presidennya.

Salah satu ayam goreng legendaris yang masih konsisten rasanya adalah Ayam Goreng Mbok Sabar. Rumah makannya berada di tengah kota Yogyakarta, tidak jauh dari titik nol kilometer, sekitar 1,5 km. Tepatnya berada di Jl Jagalan No 20, Beji, Kecamatan Pakualaman.

Gaya Memasak Ayam Goreng Khas Jogja Dilestarikan oleh Mbok SabarFoto: dok. detikFood/Bagus Kurniawan

Ayam goreng Mbok Sabar ini dirintis oleh Mbok Sabar yang mulai berjualan keliling. Kemudian mangkal di pasar Bringharjo hingga membuka rumah makan di Jagalan sekitar tahun 1970 an.

Setelah Mbok Sabar meninggal tahun 1983 usaha diteruskan oleh anak-anaknya. masih menempati lokasi yang sama. Nyaris tak ada yang berubah. Termasuk cara memasak ayam yang kini usaha ini nyaris setengah abad lamanya.

Warna ayam yang cokelat tua disebabkan oleh proses bacem. Proses memasak yang memakai api kecil dan lama. Slow cooking ini membuat bumbu ayam meresap sempurna.

Untuk bumbunya dipakai gula merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun salam dan lengkuas. Air kelapa dipakai sebagai perebusnya sehingga menghasilkan rasa yang legit khas. Proses yang lama akan membuat ayam berwarna kecokelatan.

Gaya Memasak Ayam Goreng Khas Jogja Dilestarikan oleh Mbok SabarFoto: dok. detikFood/Bagus Kurniawan

Seperti baceman lainnya, rasa ayam ini manis legit dengan rasa bawang yang kuat. Sedangkan jenis ayam kampung muda menjadi bahan utamanya.

Setelah dibacem barulah ayam ditiriskan. Selanjutnya digoreng sebentar hingga agak kering dan disajikan. Inilah yang membedakan ayam racikan Mobk Sabar dengan yang lain.

Teknik memasak 'bacem' atau 'baceman' merupakan gaya khas Jogja. Juga bisa ditemukan dalam daging sapi ataupun tahu dan tempe.

"Mbacemnya selama lebih kurang satu jam, baru kemudian dibawa ke depan dan siap digoreng dan disajikan kepada pelanggan," kata salah satu karyawan Mbok Sabar.

Rasa legit manis ayam goreng ini diimbangi dengan sambal bajak khas Mobk Sabar. Meski telihat sedikit kecokelatan, sambal ini pedasnya nonjok. Khas sambal Jawa yang membuat rasa ayam jadi seimbang. Manis legit dan pedas. Tek ketinggalan lalap mentimun dan kol.

Gaya Memasak Ayam Goreng Khas Jogja Dilestarikan oleh Mbok SabarFoto: dok. detikFood/Bagus Kurniawan

Ayam goreng Mbok Sabar ini bagi pelanggan bisa membeli ayam goreng utuh atau per bagian. Seperti menthok atau dada ayam, gendhing (paha atas), pupu (paha bawah), kepala, ati dan ampela ati hingga ceker ayam. Harga juga bervariasi mulai Rp 5.000 hingga ayam goreng utuh seharga Rp 85.000.

Jika ingin mencicipi gaya olahan ayam dengan cara bacem yang sudah teruji nyaris 50 tahun, mampirlah ke sini. Sebaiknya nikmati ayam goreng manis gurih ini dengan tangan agar Anda bisa menyesapi sisa bumbu yang menempel di tulang-tulangnya. Sedep tenan!

Tonton video Cara Memasak Ayam Goreng Legendaris Khas Jogja:

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)