Eksploresep by Kecap ABC Sukses Perkenalkan Makanan Khas 6 Kota Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 13 Jul 2018 08:00 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Lombok - Eksploresep by Kecap ABC berakhir di Lombok (12/7). Sebelumnya sudah ada 5 kota yang dijelajahi untuk mempopulerkan makanan khas setempat berbahan Kecap ABC.

Lombok menjadi destinasi terakhir tim Eksploresep by Kecap ABC yang menampilkan sosok Chef Gerry Girianza. Sebelumnya tim bersama Chef Gerry mengunjungi Medan, Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan terakhir Lombok.

Di tiap kota tersebut Chef Gerry mengajak seorang ibu penduduk setempat untuk membuat makanan khas. Ada tahu udang Medan, ikan bakar rica madu Lampung, semur daging Betawi Jakarta, brongkos koyor Yogyakarta, babat gongso Semarang dan ayam Taliwang Lombok.
Marketing Manager Kecap ABC, Andita Rasyid menjelaskan Eksploresep by Kecap ABC adalah salah satu program masak Kecap ABC. "Program itu sudah berlangsung 3 musim, dan ini sebenarnya yang keempat. Biasanya kita hanya video resep biasa, tapi kali ini kita melakukan sesuatu yang beda. Tujuan kita adalah ingin improve masakan sehari-hari dengan Kecap ABC," tuturnya.

Keenam kota tersebut sengaja dipilih karena merupakan kota besar di Indonesia. Dari sisi pemasaran, kota-kota itu juga pangsa pasar utama Kecap ABC. Mengenai pemilihan Chef Gerry sebagai sosok utama tayangan Eksploresep by Kecap ABC, bukan tanpa alasan.

"Secara karakter Chef Gerry sangat humble dan seru. Bisa membawa suasana jadi gembira dimana memang terbukti selama di 6 kota ini dia sangat membantu sekali," lanjut Andita.

Eksploresep by Kecap ABC Sukses Perkenalkan Makanan Khas 6 Kota IndonesiaFoto: detikfood

Hasilnya Chef Gerry, dibantu Chef Aga Alvian yang bertugas mendemokan resep, sukses membuat booth Eksploresep by Kecap ABC di tiap kota penuh antusiasme pengunjung.

Dari sisi penjualan, Andita mengaku Kecap ABC laris manis selama program berlangsung. Ia menuturkan, "Alhamdulillah target kita ini beberapa ada yang melebihi target, contohnya kayak di pasar. Kalau komunitas kita pas dengan target. Ada 500 paket Kecap ABC yang terjual dengan harga paket Rp 15.000 dan Rp 20.000. Pembelian ini diikuti kesempatan ikut games Perasan Pertama."

Andita berharap Eksploresep by Kecap ABC menjadi tayangan yang menarik disimak. Tayangan ini bisa dilihat tanggal 19 Juli di iklan Kun Anta, salah satu sinetron di stasiun televisi swasta. "Bisa juga lihat di YouTube HeinzABC," ujar Andita.

Eksploresep by Kecap ABC Sukses Perkenalkan Makanan Khas 6 Kota IndonesiaFoto: dokdetikFood

Harapan lainnya, Eksploresep by Kecap ABC bisa memberi tahu para ibu resep-resep masakan asli Indonesia.

"Tidak hanya masakan di kota itu saja, tapi masakan Indonesia di kota lain. Jadi tahu masak Tahu Dangdut dari Medan, tahu masak ayam Taliwang. Nggak hanya jajan, mereka masak dan memperlihatkan masak itu nggak ribet. Apalagi pakai Kecap ABC perasan pertama yang membuat masakan lebih kaya rasa," pungkas Andita.
(adr/odi)