Begini Lezatnya Ikan Bakar Khas Melayu Minang yang Unik

Sonia Basoni - detikFood Senin, 09 Jul 2018 10:25 WIB
Foto: Dok. detikFood Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Meski berdekatan dengan Sumbar, Pekanbaru punya gaya kuliner yang agak berbeda. Perpaduan Minang Melayu juga bisa dibikmati dalam sajian ikan bakar yang sedap!

Tidak hanya gulai ikan patinnya yang terkenal, Pekanbaru punya banyak masakan Melayu yang terpengaruh dari berbagai budaya. Salah satunya pengaruh kuliner Minang, Sumatra Barat. Mengingat keduanya berdekatan secara geografis.

Baca Juga: Ada Tenun, Budaya Melayu hingga Kopi Enak di Pekanbaru

Keunikan kuliner Pekanbaru ini bisa dirasakan di RM. Ikan Bakar Firdaus, banyak hidangan Melayu Minang yang unik di sini. Hidangan andalannya adalah ikan bakar. Tetapi ada juga sajian menarik lainnya. Gulai ikan salais, ikan salai baung yang disajikan dengan daun singkong, sambal jengkol, hingga terong balado sambal ijo yang diracik dengan irisan ikan asin.

Begini Lezatnya Ikan Bakar Khas Melayu Minang yang UnikFoto: Dok. detikFood

Terletak di Kampung Bawah, rumah makan sederhana ini berdiri di rumah tua dengan hiasan khas Melayu. Hanya tersedia lima meja dan kursi plastik, dengan etalase makanan yang sederhana. Namun citarasa sedap hidangan di sini sudah terkenal. Banyak orang yang rela antre untuk makan siang di sini. Apalagi dengan kelezatan ikan bakarnya, yang menjadi ciri khasnya.

"Rumah makan ini sudah berdiri sejak 18 tahun lalu. Kami memadukan makanan Melayu dengan hidangan Minang yang hampir mirip namun tentu tetap berbeda. Dari segi bumbu hingga santan, itu yang membuat rumah makan ini berbeda dengan restoran Melayu lainnya," tutur Yunita, pemilik dari RM. Ikan Bakar Firdaus yang ditemui detikFood (07/07). Kami menynggahi rumah makan ini dalam acara 'Exploring The Heritage of Pekanbaru', yang diselenggarakan oleh FOX Harris Hotel Pekanbaru.

Tonton juga video 'Mantap... Ikan Seribu Rasa Ala Melayu Minang Bikin Ngiler!' selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]



Aroma wangi ikan bakar dan bumbu tercium dari dalam rumah makan ini. Penampakan ikan baung ukuran besar yang berbalut bumbu kemerahan dengan bercak hitam sangat menggoda. Ikan malas atau ikan baung di Pekanbaru umumnya berukuran besar. Daging yang tebal membuat ikan ini cocok dibakar.

"Menu yang paling populer dan disukai di sini yaitu ikan bakar. Ikan bakar di sini berbeda, dengan ikan bakar di tempat lainnya. Cara pemasakannya, ikan pertama direndam dengan cuka dan garam selama satu jam. Lalu dicuci hingga bersih, kemudian ikan dimasukan ke dalam racikan santan yang telah dicampur dengan bumbu, kecap, sirup khusus, dan perasan asam jeruk nipis. Setelah menggolak, baru masukan ikan sebentar selama lima menit, lalu dimasukan perlahan selama beberapa kali baru kemudian di bakar," tutur Yunita yang dulu pernah memiliki usaha warung nasi di Padang.
.
"Setelah proses dibumbui itu, baru ikan dibakar. Jadi ikan sebenarnya sudah matang, ini agar bumbu bisa meresap sempurna dan menghilangkan aroma amis dari ikan," ujarnya.

Begini Lezatnya Ikan Bakar Khas Melayu Minang yang UnikFoto: Dok. detikFood

"Kalau untuk hidangan yang ada di sini. Semuanya memang merupakan campuran dari makanan khas Melayu dan Minang, terutama hidangan dari Padang Panjang. Saya racik lagi bumbunya, saya tambahkan bumbu khas Melayu hingga rasanya enak seperti sekarang," ungkap Yunita yang telah menekuni dunia kuliner Melayu Minang sejak puluhan tahun yang lalu.

"Untuk perbedaan masakan Minang asli dan Melayu Minang, terletak pada rasa dan santan. Kalau Minang punya santan yang lebih kental dan banyak, sementara masakan melayu lebih sedikit manis." pungkasnya.

Ikan bakar berbalut bumbu yang kering melekat ini memang gurih sedikit pedas dengan jejak manis dari santan. Tak beda jauh dengan ikan bakar Minang. nasi putih hangat tentulah jadi jodoh yang pas untuk melahap ikan bakar sedap ini.

Baca Juga: Lewat Lubang Ventilasi Dapur Anda Bisa Beli Bakwan Cingok yang Gurih Enak Ini (lus/odi)