Lewat Lubang Ventilasi Dapur Anda Bisa Beli Bakwan Cingok yang Gurih Enak Ini

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 07 Jul 2018 14:01 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Pekanbaru - Kota Pekanbaru punya banyak kuliner unik. Salah satunya bakwan cigok, bakwan unik yang dipesannya lewat ventilasi udara dari dapur. Renyah gurih!

Berkunjung ke kota Pekanbaru, mampirlah ke kampung yang berada di tepian Sungai Siak di wilayah Pasar Bawah, Senapelan. Kampung yang masih mempertahankan arsitektur bangunan Melayu ini, memiliki kuliner yang cukup unik dan terkenal di kota Pekanbaru.

Namanya, Bakwan Cigok. Meski gorengan bakwan dapat ditemui hampir di seluruh wilayah di Indonesia, tapi di Kampung Dalam punya bakwan yang unik dan menarik. Untuk mendapatkan bakwan cigok, Anda harus memesan bakwan ini lewat ventilasi udara yang kecil, yang terletak di bagian belakang dapur penjual.

Baca Juga: Ada Tenun, Budaya Melayu hingga Kopi Enak di Pekanbaru

Uniknya Bakwan Cigok yang Dipesan Lewat Lubang VentilasiFoto: detikfood

Tidak ada gerai istimewa atau meriah untuk bakwan cigok, hanya teras rumah dengan spanduk jasa layanan katering. Rumahnya juga berada di jalan setapak, di dalam perkampungan yang masih asri.

"Dinamakan Bakwan Cigok, karena bakwan ini harus dipesan lewat ventilasi udara yang ada di dapur belakang rumah. Di Riau, 'Cigok' artinya mengintip. Jadi bakwan cigok, merupakan bakwan mengintip karena cara pemesannya yang mirip seperti orang sedang ngintip," tutur Iwan Syawal selaku ketua dari Pekanbaru Heritage Walk kepada detikFood (07/07).

Uniknya Bakwan Cigok yang Dipesan Lewat Lubang VentilasiFoto: detikfood

Adonan bakwan terdiri dari tepung terigu, bumbu, irisan daun bawang, dan garam. Bakwan dicetak membentuk bulat, dan digoreng hingga warnanya cokelat keemasan. Saat digigit bagian luarnya renyah dan lembut di bagian dalam. Apalagi dicocol dengan sambal pedas gurih khas buatan penjual.

"Sambal cocolnya berwarna merah, terdiri dari gerusan cabai yang tidak ditumis, lalu dilarutkan dengan air panas, gula, garam, dan irisan daun bawang. Rasanya gurih dan sedikit pedas," lanjut Iwan.

Uniknya Bakwan Cigok yang Dipesan Lewat Lubang VentilasiFoto: detikfood

Satu buah bakwan cigok ini dihargai Rp. 1.000,- saja. Karena tingginya peminat, kini bakwan cigok tidak dijual satuan. Melainkan penjual mengirimkan bakwan cigok setiap paginnya ke warung makan atau kedai sarapan. Selain menjadi camilan, bakwan cigok biasanya disantap ketika sarapan, dengan menu lontong sayur dan pecel sayur khas kota Pekanbaru.

Uniknya Bakwan Cigok yang Dipesan Lewat Lubang VentilasiFoto: detikfood

"Awalnya itu tidak sengaja, tapi kebanyakan orang dan tetangga memesan bakwan ke penjual lewat ventilasi udara itu. Akhirnya semuanya jadi pesan lewat ventilasi kalau mau memesan bakwan, hingga munculah istilah 'cigok' tersebut," tambah Iwan.

Nah, kalau sedang berkunjung ke Pekanbaru jangan lupa cicipi bakwan cigok yang enak dan murah meriah ini.

Baca Juga: Wajib Cicip, Otak-otak Merah Khas Riau yang Pedas Menggigit (sob/odi)