Makan Rendang & Babi Guling, Kenangan Anthony Bourdain di Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 08 Jun 2018 19:50 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kepergian Anthony Bourdain yang diduga bunuh diri mengejutkan banyak pihak. Terakhir kali ke Indonesia, Bourdain cicip dua sajian ikonik ini.

Anthony Bourdain dikabarkan meninggal hari ini (8/6) di Prancis. Di usia 61 tahun, pembawa acara 'Parts Unknown' di CNN Amerika ini diduga mengakhiri hidup dengan cara gantung diri.

Ia meninggal saat masih mengerjakan episode mendatang acara tersebut. Teman dekatnya chef Prancis, Eric Ripert menemukan Bourdain tak sadarkan di kamar hotelnya pada Jumat pagi.

Makan Rendang & Babi Guling, Kenangan Anthony Bourdain di IndonesiaAnthony Bourdain dan Barack Obama di Vietnam (Foto: Anthony Bourdain)

Baca Juga: Chef Kenamaan Amerika Anthony Bourdain Meninggal, Diduga Bunuh Diri

Kepergian Bourdain membuat banyak pihak terkejut, terlebih ia masih terlibat dalam rangkaian pekerjaan di akhir masa hidupnya. Akhir April lalu ia bahkan sempat mampir ke Indonesia untuk syuting acara yang membesarkan namanya tersebut.

Saat ke Indonesia, Bourdain mengawali perjalanan di Jakarta. Ia mampir ke Rumah Makan Padang Surya di Bendungan Hilir. Di sana ia mencicip beragam masakan Minang, namun menurut informasi pegawai rumah makan, Bourdain paling suka rendang, gulai kepala kakap dan mie goreng Padang.

Perjalanan dilanjutkan ke Blok M Square. Dengan santai, chef bertato ini seperti menikmati suguhan angkringan. Ia lalu melanjutkan perjalanan ke Bali.

Makan Rendang & Babi Guling, Kenangan Anthony Bourdain di IndonesiaPose Anthony Bourdain di Bali pada April 2018 (Foto: Istimewa)

Di Pulau Dewata, Bourdain melihat proses pembuatan babi guling Gianyar sekaligus mencicipnya. Warung makan yang disambanginya adalah Babi Guling Pande Egi.

Selain kulineran, Bourdain juga melihat prosesi upacara adat pemakaman di Bali. Terlihat kala itu ia berfoto mengenakan kain Bali sambil memegang kaleng minuman isotonik.

Baca Juga: Mampir Ke Bali, Anthony Bourdain Cicip Babi Guling Enak di Gianyar


Chef Anthony Bourdain Meninggal Dunia, tonton selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]


(adr/odi)