Meriahkan Royal Wedding, Cakery di Indonesia Ini Bikin Cake Istana Megah 5 Meter!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 19 Mei 2018 08:58 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle hari ini jadi sorotan dunia. Di Indonesia, sebuah cakery ternama membuat dummy cake megah setinggi 5 meter!

Pangeran Harry dan Meghan Markle mengikat janji suci di gereja St. George, Windsor, Inggris. Segala hal mengenai Royal Wedding ini amat menarik perhatian, termasuk kue pernikahan yang dipilih keduanya.

Mereka memilih kue simple buatan Violet Cakes dengan rasa lemon dan elderflower. Kue buttercream ini juga dihiasai aneka bunga segar yang bisa dimakan.

Baca Juga: Ini Kue Pengantin Pilihan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk Pernikahan Mereka

Di Indonesia, cakery LeNovelle Cake turut menginterpretasikan kue pernikahan Pangeran Harry dengan sentuhan berbeda. Ditemui di Fairmont Jakarta (18/5), Miyo Minaki selaku pemilik LeNovelle Cake membuat dummy cake megah berbentuk istana dengan tinggi 5 meter.
Meriahkan Royal Wedding Cakery di Indonesia Ini Bikin Cake Istana Megah 5 Meter!Foto: dok. detikFood
Disebut dummy cake karena kue ini memakai rangka logam dan plastik yang tidak bisa dimakan. Hanya saja seluruh icing sugar yang melapisi dummy cake bisa dimakan meski sebenarnya hanya ditujukan untuk keperluan dekorasi.

"Kami buat wedding cake bentuk istana dengan merujuk ke castle di Eropa. Tapi tidak semua bentuk castle Eropa bagus untuk dijadikan bentuk kue pengantin. Castle kadang kelihatannya kayak benteng, jadi makanya kami bilangnya bahwa itu fantasy castle," tutur Miyo.

Khusus untuk dummy cake Royal Wedding ini, Miyo memasukkan unsur Windsor Chapel. Ia mengatakan, "Kemarin waktu bikin kue, kami ambil ada beberapa interior dari Windsor Chapel. Kolom-kolomnya untuk diaplikasikan."
Meriahkan Royal Wedding Cakery di Indonesia Ini Bikin Cake Istana Megah 5 Meter!Foto: dok. detikFood

Proses pengerjaan dummy cake ini sendiri membutuhkan waktu 45 hari dengan melibatkan sekitar 28 dekorator kue. Semua hiasan kue berbahan icing sugar dibuat detail, satu per satu, dengan tangan. Untuk icing sugar, Mino memprediksi habiskan 500 kg.

"Gula bentuknya banyak. Ada yang fondant, icing, gumpaste, macam-macam tergantung aplikasi dekorasinya bentuknya seperti apa. Kita pakai semua jenis gula," jelasnya.

Menurut Miyo, yang juga menantang dari pembuatan dummy cake ini adalah menyusun tiap bagian dummy cake.

Wanita lulusan sekolah desain ini berujar, "Set-up sekitar 8 jam. Baru bisa loading pas tamu hotel sepi, sekitar jam 10 malam tapi jam 6 pagi harus sudah beres. Itu ada ratusan tower, harus kita susun satu-satu,manual pakai tenaga orang. Nggak bisa semua langsung jadi satu."

Berdiri sejak 2004, Miyo mengaku sudah membuat ribuan kue pernikahan. Dummy cake Royal Wedding ini pun jadi salah satu karyanya yang paling besar dan detail. Nampak kue dikelilingi dekorasi bunga seperti anyelir, peony dan Phalaenopsis.
Meriahkan Royal Wedding Cakery di Indonesia Ini Bikin Cake Istana Megah 5 Meter!Foto: dok. detikFood
Sementara di bagian tengah kue ada sosok miniatur Pangeran Harry dan Meghan Markle. Tak lupa pelengkap air mancur dan kereta kuda yang ikonik dari penyelengaraan Royal Wedding Inggris.

Kalau tertarik melihatnya, dummy cake pernikahan Pangeran Harry ini dipajang di lobi hotel Fairmont Jakarta. Kue megah yang jadi incaran objek foto ini ada mulai 14 hingga 20 Mei 2018.

Baca Juga: Ini Fakta Tentang Kue Pengantin Pilihan Pangeran Harry dan Meghan Markle


Wah! Ada Cappuccino Berwajah Pangeran Harry dan Meghan Markle! Saksikan videonya


(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com