Bola Nasi Kuning Renyah yang Pedas Manis dan Cantik Kreasi Chef Petty Elliot

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 15 Apr 2018 07:07 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Ubud - Nasi kuning tak hanya enak dipadu ayam goreng. Kali ini chef Petty Elliot membentuk nasi kuning jadi bola-bola dengan isian tuna pedas manis. Nyam!

Chef Petty Elliot yang dikenal sebagai penulis buku masak dan chef yang tampil di berbagai acara internasional juga meramaikan Ubud Food Festival. Selain memasak untuk acara santap malam spesial, Chef berdarah Manado inipun ikut meramaikan booth ABC siang kemarin (14/4).

Nasi kuning jadi pilihan Chef Petty untuk membuat kreasi resepnya. 'Hampir semua daerah di Indonesia punya nasi kuning hanya saja paduan lauknya berbeda. Kali ini saya akan bikin nasi kuning jadi bentuk yang lebih menarik,' ungkap chef Petty Elliot mengawali pembuatan resepnya.


Bola Nasi Kuning Renyah yang Pedas Manis dan Cantik Kreasi Chef Petty ElliotFoto: Chef Petty Elliot bersama Eka, salah seornag pengunjung membuat bola nasi kuning (detikfood)

Nasi kuning dibuat dengan memasak beras bersama air dan air kunyit, serai, daun salam sebagai pewarna alami. 'Supaya tak menunggu lama sampai nasi kuning matang, saya sudah siapkan yang matang,' chef Petty menunjukkan nasi dengan warna kuning cantik.

Untuk isiannya dipakai ikan tuna segar. Fillet ikan tuna ini digoreng dengan tambahan sedikit garam. 'Ikannya dimasak dengan seidikit garam saja supaya rasanya gurih enak. Ini saya pakai garam dari Bali yang bagus kualitasnya,' tutur chef Petty sambil memasukkan ikan ke dalam wajan.

Sementara menunggu ikan matang, chef Petty menawari pengunjung untuk ikut memasak. Eka dari Sarangan, Bali terpilih ikut memasak bersama chef Petty Elliot. Bumbu yang disiapkan bawang merah dan bawang putih yang dicincang halus. Ditambah cabe iris, daun jeruk, serai, merica dan garam.

Eka dengan cekatan menyuwir-nyuwir halus daging ikan tuna yang akan dipakai sebagai isiannya. Setelah bawang merah dan bawang putih ditumis bersama rempah, ikan suwirpun dimasukkan. 'Supaya ada aksen manis pedas yang enak saya tambahkan Kecap Manis ABC Perasan Pertama.

"Ini yang akan membuat rasa ikan tuna jadi makin enak,' ungkap chef Petty sambil mengaduk tuna tumisnya. Nasi kuning ternyata tak disajikan dengan tuna tumis tersebut tetapi nasi kuning dibentuk bola dengan isian tuna tumis.

Bola Nasi Kuning Renyah yang Pedas Manis dan Cantik Kreasi Chef Petty ElliotFoto: Bola nasi kuning siap digoreng (detikfood)

Chef Petty memperagakan cara membuat bola-bolanya. Sekepal nasi kuning dipipihkan lalu diisi satu sendok makan tuna tumis lalu dibentuk seperti bola. Selanjutnya bola nasi kuning dibalut tepung terigu, dicelupkan ke dalam telur kocok dan digulingkan dalam tepung panir. Bola-bola ini siap untuk digoreng.

'Menggorengnya dengan minyak panas dan tunggu sampai semua bagiannya menjadi kuning kecokelatan dan kering seperti ini.' chef Petty mengangkat bola-bola nasi yang sudah menebarkan aroma wangi.

Bola Nasi Kuning Renyah yang Pedas Manis dan Cantik Kreasi Chef Petty ElliotFoto: Ini dia bola nasi kuning yang renyah dan cantik! (detikfood)

Bola-bola nasi kuning pun ditata oleh chef Petty Elliot supaya lebih menarik. 'Saya bikin saus dari mayonnaise dengan saus cabe dan saya taruh di botol ini,' jelas che fPetty sambil menyemprotkan saus ke atas piring dan ke atas bola nasi kuning.

'Sebagai sentuhan akhir saya kasih micro grrens, ini pucuk bayam merah, pucuk kapri dan bunga bawang putih yang cantik,' ungkapnya sambil menaburi bola nasi kuning dengan bahan tersebut.

Wah, jadinya bola nasi kuning lebih cantik dengan topping bunga bawang putih yang ungu muda dan beragam pucuk daun yang hijau cerah. Bagian luarnya renyah gurih, nasinya pulen wangi dan yang istimewa, isiannya gurih pedas dan manis. Enak banget!

(odi/odi)