Ini Keistimewaan Oseng Kikil Andalan Chef Billy Kalangi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 15 Apr 2018 05:49 WIB
Foto: (detikfood) Foto: (detikfood)
Ubud - Chef selebriti Billy Kalangi memikat perhatian pengunjung Ubud Festival. Apalagi ia membawakan resep kikil sapi yang istimewa. Seperti apa keseruannya?

Area booth ABC yang ada dekat di pintu masuk Ubud Food Festival (UFF) siang kemarin (14/4) dijejali pengunjung. Chef Billy Kalangi yang kece dan ramah memikat perhatian pengunjung.

Tampil pertama kali di UFF chef Billy Kalangipun sudah siap maksimal. Dengan senyum ramah ia melayani permintaan pengunjung wanita berfoto satu per satu. Maklum wajah kecenya selalu menghiasi layar kaca!


Ini Keistimewaan Oseng Kikil Andalan Chef Billy KalangiFoto: (detikfood)

Sebelum mulai memasak chef Billy mengajak salah seorang pengunjung membantunya. Lily pengunjung dari Bima yang beruntung diajak memasak bersama chef.

Pertama chef Billy memberikan tips soal kikil sapi. 'Kalau masak kikil yang bagus dan sudah bersih seperti ini,' ungkap chef Billy sambil menunjukkan potongan kikil yang putih bersih.

'Supaya baunya ngga tajam saat merebus ditambahkan rempah. Seperti jahe yang dimemarkan ini. Rebus saja beberapa saat sampai aromanya meresap,' chef Bikly memberikan tipsnya.

Lily memotong kikilnya memanjang sementara chef Billy memotong jadi kotak-kotak kecil. Keduanya direbus dalam panci terpisah dengan tambahan jahe geprek. Bumbu yang disiapkan berupa bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tak ketinggalan cabe merah dan cabe hijau yang diirs menyerong.

Setelah bawang merah dan bawang putih ditumis kikil dimasukkan dan diberi sedikit air. 'Air ini untuk membuat kikil yang tadi mengering jadi mengembang agar jadi lembut lagi,' jelas chef Billy.

Ini Keistimewaan Oseng Kikil Andalan Chef Billy KalangiFoto: (detikfood)

Tambahan 5 sendok makan Kecap Manis ABC langsung membuat kikil jadi kecokelatan cantik. Aromanya makin wangi karena ditambah pala, merica, cengkih dan garam.

Hmm.. aroma sedapnya bikin pengunjung makin tergoda! Terakhir baru ditambahkan cabe merah dan cabe hijau. Setelah kuahnya menyusut barulah oseng kikil yang cokelat cantik diangkat.

Ini Keistimewaan Oseng Kikil Andalan Chef Billy KalangiFoto: (detikfood)

'Nah, oseng kikil sudah siap. Tinggal dimakan sama nasi putih. Tak usah khawatir saya sudah masak kikil yang cukup buat dicicip 50 orang,' tutup chef Billy.

Rasa manis karamel dari Kecap Manis ABC Perasan Pertama memberi aksen rasa enak pada kikil yang empuk. Ditambah semburat cabe yang pedas dan rempah yang wangi. Semua yang mencicipi masakan chef Ragil setuju kalau paling cocok dilahap dengan nasi putih. Mantap!

(odi/odi)