Ini Sebabnya Kaesang Pangarep Ingin Buka Gerai 'Sang Pisang' di Seluruh Indonesia

Dony Indra Ramadhan - detikFood Minggu, 18 Feb 2018 18:59 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Bandung - Setelah bisnis clothing, Kaesang Pangarep merambah bisnis kuliner melalui Sang Pisang. Sebenarnya apa motivasinya berbisnis kuliner?

"Motivasi saya ingin membuka lapangan kerja sebanyak mungkin. Lalu punya uang buat membayar sekolah, karena bapak (Jokowi) enggak bayarin. Mau enggak mau harus sendiri," ucap Kaesang saat membuka gerai keenam bisnisnya di Braga Citiwalk, Jalan Braga, Kota Bandung, Minggu (18/2/2018).

Terbukti Kaesang cukup serius menjalankan bisnis 'Sang Pisang'. Sejak diluncurkan Desember 2017, kini gerai 'Sang Pisang' sudah ada enam buah.

Ini Motivasi Kaesang Pangarep Buka Cabang 'Sang Pisang' di Seluruh IndonesiaFoto: dok. detikFood

Baca Juga: Tandai Pembukaan Gerai Sang Pisang, Kaesang Menggoreng Pisang

Sebelum Bandung, Kaesang sudah membuka gerai 'Sang Pisang' di lima tempat lainnya yaitu ITC Cempaka Mas, ITC Mega Kuningan, ITC Mangga Dua, Pusat Grosir Cililitan dan terakhir di Makasar. Tekadnya membuka lapangan pekerjaan pun, sedikit demi sedikit terwujud.

"Sang Pisang kita sudah punya pekerja sekitar 100 an orang," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo yang kini menempuh pendidikan di Singapura ini.

Selain di tiga kota yang sudah dibuka, Kaesang masih ingin melebarkan sayap bisnis kulinernya ke kota lain. Targetnya, 'Sang Pisang' ada seluruh wilayah di Indonesia.

Ini Motivasi Kaesang Pangarep Buka Cabang 'Sang Pisang' di Seluruh IndonesiaFoto: Ibnu Munsin/detikcom

"Sebanyak mungkin di semua kota ada. Di Papua juga nanti buka. Di tiap kota inginnya," kata dia.

Di setiap kotanya, Kaesang akan menggaet mitra lokal. Seperti di tiga kota yang sudah dibuka, Kaesang menggandeng mitra lokal sebagai pendorong bisnis kulinernya. Baik bahan baku pisang hingga karyawan semua berasal dari kota tersebut.

"Kita semua lokal kok. Mulai bahan baku dan tenaga kerja. Misalkan di kota itu kita ambil pisang yang ada di kota itu. Pekerjanya juga orang situ juga," ucap pria yang gemar nge-vlog ini.

Ini Motivasi Kaesang Pangarep Buka Cabang 'Sang Pisang' di Seluruh IndonesiaFoto: dok. detikFood

Bisnis clothing ia jalani, kini merambah bisnis kuliner, lalu apa sebenarnya cita-cita Kaesang?

"Pengusaha, ya pengusaha segala serba bisa. Saya tuh intinya ingin membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran," tandasnya.

Baca Juga: Ini Alasan Kaesang Pangarep Buka Cabang Sang Pisang di Makassar

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)