Angka 3 yang Penuh Arti Bagi Kehidupan Paul Bocuse

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 21 Jan 2018 07:47 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Wafatnya Paul Bocuse membuat orang melihat kembali perjalanan panjang karir dan hidupnya. Iapun memiliki 3 keberuntungan dalam hidupnya.

Karir Paul Bocuse di dunia kuliner Prancis mulai beranjak saat ia menciptakan 'nouvelle cuisine'. Gaya penyajian kuliner Prancis yang lebih simpel, artistik dan memikat ini seolah mendobrak tradisi berabad-abad. Bukan hanya Prancis, mata ahli kuliner duniapun terbuka akan hal baru. Hampir di seluruh dunia 'nouvelle cuisine' diterapkan tak terbatas pada hidangan Prancis saja.

Baca Juga : Paul Nocuse Maestro Kuliner Prancis Meninggal Dunia Dalam Usia 91 Tahun
Angka 3 yang Penuh Arti Bagi Kehidupan Paul BocuseFoto: Istimewa

Karir Paul dimulai saat ia berusia 8 tahun dengan membuat ginjal sapi muda dengan pure kentang. Kemudian di usia 16 tahun magang pada restoran lokal. Setelah Perang Dunia II dan menyelesaikan masa magang di restoran, iapun pada tahun 1956 kembali ke restoran keluarga L'Auberge du Pont de Collonges.

Restoran di dekat Lyon ini mendapatkan bintang 3 Michelin pada tahun 1965. Bintang 3 Michelin yang diraihnya bertahan hingga sekarang, tak pernah sekalipun turun bintangnya. Hingga meninggal, Paul Bocuse memiliki 9 restoran di sekitar Lyon dan beberapa di Jepang, Amerika dan Swiss.

Menjadi salah seorang chef terkaya di dunia kehidupan Paul Bocuse tidaklah mudah. Dalam sebuah biografi yang ditulis tahun 2005 diketahui ia menjalani kehidupan bersama 3 wanita. Seorang istri bernama Raymonde dan 2 orang kekasih.

Baca Juga : Racikan Prancis Klasik Paul Bocuse Disajikan di Jakarta
Angka 3 yang Penuh Arti Bagi Kehidupan Paul BocuseFoto: Istimewa

'Saya pikir makanan dan seks punya banyak kesamaan. Meski terlihat sedikit macho, saya suka wanita,' ungkapnya saat wawancara untuk bukunya 'Paul Bocuse: The Sacred Fire', lapor daily mail (20/1). Ia ternama dengan julukan 'Monsieur Paul' dan gelar 'chef of the century' diberikan oleh Gault-Millau tahun 1989, juga oleh The Culinary Institute of America (CIA) tahun 2011.

Kerja keras membuatnya harus menyerah pada operasi jantung. Pada tahun 2006 ia menjalani operasi jantung untuk ketiga kalinya. Iapun berkomentar, 'Saya punya 3 bintang michelin, saya sudah 3 kali operasi bypass jantung dan saya masih punya 3 wanita,'

Seperti diketahui Sabtu (20/1) Paul Bocuse meninggal dunia di restorannya yang ternama Collobges-au-Mont-d'Or, Pencis. Pria kelahiranv11 Februari 1926 ini meninggal dunia di kamar tempat ia dilahirkan setelah beberapa tahun menderita penyakit Parkinson.

Baca Juga : Chef Paul Bocuse Akan Buka Restoran Bertema Film Ratatouille (odi/odi)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu