Paul Bocuse, Maestro Kuliner Prancis Meninggal Dunia Dalam Usia 91 Tahun

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 21 Jan 2018 06:06 WIB
Foto: Istimewa
Lyon - Prancis dan dunia kehilangan seorang tokoh kuliner yang ternama. Para praktisi kuliner dunia menghormatinya sebagai tokoh jenius sekaligus pekerja keras.

Sabtu (20/1) Paul Bocuse meninggal dunia di rumahnya di Collobges-au-Mont-d'Or, Prancis. Pria kelahiran 11 Februari 1926 ini meninggal dunia di kamar tempat ia dilahirkan setelah beberapa tahun menderita penyakit Parkinson.

Tokoh kuliner Prancis ini dikenal sebagai pencetus 'nouvelle cuisine'. Tampilan baru hidangan Prancis yang kemudian populer di seluruh dunia. Berkat kegigihannya kuliner Prancis berhasil dipopulerkan hampir ke seluruh dunia.

'Namanya sendiri mewakili gastronomi Prancis dan penghargaan terhadap tradisi juga pada gaya kreasi. Chef di seluruh dunia akan 'menangis di dapur,' komentar Presiden Prancis, Emmanuel Macron seperti dilansir BBC (21/1).

Paul Bocuse, Maestro Kuliner Prancis Meninggal Dunia Dalam Usia 91 TahunFoto: Istimewa

Penghormatan juga diberikan oleh Gerard Collomb, Menteri Dalam Negeri Prancis melalui akun twitternya. 'Paul Bocuse meninggal. Gastonomi sedang berduka. Paul adalah orang Prancis. Sederhana dan murah hati. Kesempuraan dan seni kehidupan. Paus gastronomi meninggalkan kita. Semoga semua chef kita di Lyon, juga di seluruh penjuru dunia, memelihara kecintaannya akan kuliner.'

Selain dijuluki sebagai 'Paus gastronomi', 'monsieur Paul' dan 'chef abad ini'. di kalangan chef dunia, terutama yang pernah belajar di Prancis, Paul Bocuse adalah maestro, maha guru dan 'dewa'.

Paul Bocuse juga pernah mendapat penghargaan dari pemerintah Prancis karena jasanya mempopulerkan kuliner Prancis. Iapun mendapat penghargaan French Legion of Honor dari Presiden Valery Giscard d'Estaing tahun 1975 di Paris.

Untuk menghormati sang Presiden, Paul Bocuse menciptakan hidangan berupa 'Truffle Soup V.G.E' yang kemudian populer di dunia. Merupakan paduan jamur truffle dan foie gras dalam kaldu ayam. Disajikan dalam mangkuk individual yang ditutup dengan puff pastry dan dipanggang. V.G.E merupakan singkatan nama presiden Prancis, Valery Giscard d'Estaing

Paul Bocuse, Maestro Kuliner Prancis Meninggal Dunia Dalam Usia 91 TahunFoto: Istimewa

Sejumlah buku masak telah ditulisnya dan menjadi pandan para chef di dunia. Paul Bocuse's French Cooking (1977), "Paul Bocuse in Your Kitchen: An Introduction to Classic French Cooking" (1982), "Bocuse à la Carte" (1989) dan "Paul Bocuse: The Complete Recipes" (2011).

Paul Bocuse meninggal dunia di kamar tempat ia dilahirkan yang dianggap sebagai tempat paling nyaman di dunia. Ia meninggalkan 1 orang istri dan 2 orang anak.

Baca Juga : Siapa yang Masuk Daftar 12 Chef Terkaya di Dunia Tahun 2015 (odi/odi)