Berita Terpopuler

Manfaat Sehat Makan Bawang hingga Racikan Masker Tomat untuk Wajah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 16 Des 2017 11:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak sekadar jadi bumbu masak, bawang punya banyak manfaat kesehatan. Ada juga tomat yang bisa diracik jadi masker wajah.

Bawang bombay ternyata merupakan sumber biotin yang baik. Bumbu dapur ini juga mengandung makronutrien penting seperti vitamin C, potasium dan asam folat. Manfaatnya beragam seperti suburkan rambut dan redakan sakit tenggorokan.

Ada alasan ilmiah kenapa makanan yang disimpan semalaman, rasanya makin enak. Seperti sayur lodeh dan gudeg yang makin bumbunya makin meresap. Ternyata ini juga ada kaitannya dengan reaksi kimia yang terjadi pada makanan.

Sejak lama, tomat dikenal dengan manfaat supernya untuk wajah. Selain bagus dimakan langsung, tomat juga bisa diracik untuk masker wajah. Padukan dengan bahan alami lain agar hasilnya maksimal. Mulai dari minyak zaitun hingga yogurt.

Berikut berita terpopuler detikFood yang banyak dibaca kemarin (15/12).

1. Manfaat sehat bawang

Manfaat Sehat Makan Bawang hingga Racikan Masker Tomat untuk WajahFoto: iStock

Mengatasi rambut rontok, gigitan serangga hingga sakit tenggorokan adalah beberapa manfaat konsumsi bawang bombay. Untuk rambut rontok, misalnya, bawang ternyata mengandung sulfur yang dapat membantu membantu pertumbuhan rambut.

Manfaat lainnya yaitu membersihkan karat pada pisau. Caranya cukup iris bawang bombay dan gosokkan ke seluruh pisau dan pada bagian yang berkarat.

Baca Juga: Bawang Bisa Bantu Suburkan Rambut hingga Redakan Sakit Tenggorokan

2. Alasan kenapa rasa makanan yang disimpan makin enak

Manfaat Sehat Makan Bawang hingga Racikan Masker Tomat untuk WajahFoto: China Daily

Tak semua makanan paling enak disantap segera usai dibuat. Ada yang cita rasanya justru maksimal usai disimpan semalaman seperti sup. Hal ini ternyata dipengaruhi reaksi kimia makanan.

Penelitian membuktikan pada sup, terjadi reaksi pemecahan laktosa menjadi glukosa. Ini yang membuat rasa makanan lebih manis. Sementara protein dalam daging diubah menjadi asam amino yang menghasilkan aroma lebih sedap.

Baca Juga: Setelah Disimpan Semalam Makanan Makin Enak Rasanya, Kenapa Ya?

3. Masker tomat untuk wajah

Manfaat Sehat Makan Bawang hingga Racikan Masker Tomat untuk WajahFoto: Istimewa

Kalau mau meracik masker tomat, ada paduan bahan yang tepat. Tomat dan mentiumun paling cocok untuk atasi kulit berminyak. Caranya cukup campurkan tomat, mentimun yang sudah dihaluskan dan madu.

Sementara untuk kecilkan pori-pori, cukup manfaatkan pasta tomat. Lain lagi dengan racikan tomat, yogurt dan lemon yang cocok untuk kalahkan polusi.

Baca Juga: Wajah Lebih Putih dan Lembut dengan 5 Racikan Masker Tomat Ini!

(adr/adr)