Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Chef Mario Batali Mundur dari Dunia Kuliner 

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Des 2017 08:13 WIB
Foto: Istimewa
Washington - Kabar mengejutkan datang dari chef selebriti, pemilik restoran Mario Batali. Ia menarik diri dari dunia kuliner karena kasus pelecehan seksual.

Sebagaimana dikabarkan Food and Wine (11/12) chef kenamaan Mario Batali yang bernama lengkap Mario Francesco Batali secara resmi menyatakan permintaan maaf sekaligus mengumumkan dirinya tak lagi berkecimpung dalam dunia kuliner.

"Saya minta maaf kepada orang-orang yang merasa tersakiti dan dirugikan," kata Batali yang selalu memakai sandal Crocs oranye ini dalam sebuah pernyataan kepada Eater.

Senin lalu, Eater melaporkan ada empat wanita yang menuduh Batali melakukan hal tak senonoh. Yang lebih mengejutkan, perlakuan ini bahkan disinyalir sudah berlangsung lama.

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Chef Mario Batali Mundur dari Dunia Kuliner Foto: Istimewa

Menurut Eater, tiga wanita yang melaporkan kejadian ini adalah orang yang bekerja untuk Batali. Sementara seorang wanita lainnya adalah mantan karyawan Batali. Mereka mengatakan selama dua tahun belakangan Batali sering menarik tubuhnya dan memeluk erat dari belakang. Seorang wanita bahkan mengatakan Batali kerap meraba bagian dadanya.

Mendengar aduan ini, Batali tidak menyangkal. Ia justru mengungkapkan kalimat permintaan maaf. "Saya minta maaf. Meskipun identitas wanita yang mengadu ini tidak diungkapkan kepada Saya tapi saya akui memang sering melakukan itu pada banyak orang. Saya sadar itu perbuatan yang salah dan saya sangat menyesal jika ada pihak yang merasa tersakiti, terhina atau bahkan merasa tidak nyaman. Ini saya ungkapkan untuk seluruh rekan, karyawan, pelanggan, teman bahkan keluarga," ungkap Batali.

Atas kejadian ini, Batali mengatakan lewat situsmya untuk melepas semua karir yang sudah membesarkan namanya. Ia mundur sebagai koki, ia juga menyatakan mengakhiri kontrak sebagai Co-host di acara The Chew.

Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual, Chef Mario Batali Mundur dari Dunia Kuliner Foto: The Washington Post/The New York Times

"Saya memiliki pekerjaan baru yang harus saya lakukan yakni mencoba mendapatkan kembali kepercayaan dari orang-orang yang merasa saya kecewakan. Saya akan menjauh dari bisnis. Saya membangun restoran ini agar para tamu bisa merasa senang dan menikmati. Saya juga mencoba ramah namun ternyata perilaku Saya itu dianggap salah. Jadi sekarang Saya akan instrospeksi dan memastikan Saya tidak melakukan hal yang sama dikemudian hari. Saya ingin orang-orang merasa nyaman dan aman bekerja atau makan di restoran Saya," beber Batali.

Kemudian dalam sebuah pernyataan, Batali & Bastianich Hospitality Group yang membawahi managemen perusahaan restoran Batali dan Joe Bastianich's mengungkapkan pihaknya tengah mengerahkan penyelidikan khusus terkait kasus ini.

Baca Juga : Mario Batali Segera Mmebuka Restoran di Tengah Laut Atlantik (dvs/odi)