Peking Duck Cooking Class

Chef Yuan Berikan Tips Racik Sup Enak dari 4 Bahan Segar

Devi Setya Lestari - detikFood Sabtu, 02 Des 2017 13:27 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Untuk melengkapi sajian bebek Beijing, chef Yuan memberikan tips membuat Four Treasure Hot and Sour Soup. Salah satu sup popular dari Beijing.

Usai mempergakan pembuatan Peking Duck ala Beijing yang disebut 'Beijing Roasted Duck', peserta cooking class diajak membuat sup khas Beijing yang populer. Meski tampak mudah tetapi ada trik membuatnya yang perlu dicermati. Chef Yuan Chaoying dari Beijing membeberkan cara membuat Four Treasures Hot and Sour Soup yang hampir selalu jadi sajian di banyak restoran China.

Baca Juga : Begini Trik Bikin Bebek Peking Gaya Beijing dari Chef Yuan

Chef Yuan Berikan Tips Racik Sup Enak dari 4 Bahan SegarFoto: detikfood

Sesuai dengan namanya, sup ini dibuat dengan 4 bahan utama yakni daging ayam, rebung, jamur kuping dan telur. Daging ayam yang digunakan bisa bagian dada ataupun paha. Daging ayam tanpa kulit dan tulang ini dipotong kecil agar mudah dimasak dan disantap.

Empat ini kemudian harus diblansir terlebih dahulu sebelum dimasak dalam kaldu ayam. "Semua bahan harus diblansir dalam air panas yang mendidih, cukup masukkan sebentar kemudian angkat," kata Chef Yuan saat mendemokan cara membuat sup ini di hadapan peserta cooking class di Lotus Ballroom, Shangri-La Jakarta.

Setelah semua bahan sudah diblansir, baru kemudian dimasukkan dalam kaldu ayam yang sudah dipanaskan sebelumnya. Masak dengan api kecil sambil dimasukkan bumbu satu per satu.

Bumbu yang pertama dimasukkan adalah chinnese rice wine atau arak masak khas China. Kemudian soya sauce, lada putih bubuk dan garam. Menurut Chef Yuan di Beijing orang tidak biasa menambahkan cabai atau minyak cabai dalam sup.

Sebagai penghasil rasa pedas, digunakan lada putih bubuk. Takarannya bisa disesuaikan dengan selera. Sebagai penguat rasa, Chef Yuan menambahkan kaldu ayam bubuk tanpa MSG.

Chef Yuan Berikan Tips Racik Sup Enak dari 4 Bahan SegarFoto: detikfood

Terakhir, untuk membuat sup dengan konsistensi kental maka Chef Yuan menambahkan larutan tepung maizena yang dicampur sedikit air. Setelah sup matang dianjurkan untuk segera disajikan agar rasanya makin nikmat. Sup yang pedas dan asam ini juga akan disajikan dalam menu santap siang peserta. Slruup! (odi/odi)